7 Cara Hindari Penggunaan Kartu Kredit Berlebihan, Kontrol Emosi!

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Jum'at 12 Maret 2021 05:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 10 622 2375680 7-cara-hindari-penggunaan-kartu-kredit-berlebihan-kontrol-emosi-41Tx9aLSsF.jpg Kartu Kredit (Shutterstock)

JAKARTA – Saat ini penggunaan kartu kredit sangat diminati banyak orang. Hal ini karena berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh kartu kredit dalam melakukan transaksi. Selain praktis, penggunaan kartu kredit juga kerap kali lebih menguntungkan.

Namun di lain sisi, kartu kredit juga bisa menimbulkan masalah jika tidak digunakan dengan bijak. Tak sedikit orang yang terjebak dalam utang karena sulit mengontrol penggunaan kartu kredit.

 Baca juga: Cara Mudah Sisihkan Gaji untuk Menabung

Dilansir dari The Balance, Jumat (12/3/2021), berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindari penggunaan kartu kredit secara berlebihan.

1. Jangan lupa bahwa harus membayarnya kembali

Hindari menganggap kartu kredit sebagai uang gratis. Ingat bahwa harus ada yang dibayar kembali atas apa pun yang dibeli. Buatlah diri bertanggung jawab atas apa yang dibelanjakan dengan kartu kredit. Buat pengeluaran seolah-olah benar-benar menggunakan uang tunai.

Baca juga:  Investor Pemula, Pahami Dulu Hal Ini agar Sukses Berinvestasi

2. Pertimbangkan saldo saat ini bukan batas kredit

 

Membayar saldo secara penuh adalah cara terbaik untuk menghindari terlalu banyak hutang, biarkan saldo saat ini memengaruhi jumlah pengeluaran. Tetapkan pengeluaran batas pengeluaran kartu kredit pribadi berdasarkan pendapatan dan pengeluaran lainnya, tidak hanya pada batas kredit.

 

3. Berhati-hatilah dalam memiliki banyak kartu kredit

Secara umum, semakin banyak kartu kredit yang dimiliki, semakin mudah untuk mengeluarkan uang terlalu banyak. Saat tergoda untuk membuka kartu kredit baru, pertimbangkan kembali apakah itu untuk mendapatkan fasilitas tambahan, untuk mengelola keuangan dengan lebih baik, atau hanya sedang mencari cara untuk membelanjakan lebih banyak uang.

4. Kontrol emosi

Tahukah bahwa kebanyakan orang cenderung menghabiskan lebih banyak uang saat sedih? Ada kemungkinan orang tidak menyadari bagaimana keputusan emosi memengaruhi keputusan pengeluaran saat stres, sedih, marah, cemburu, dan bosan dapat menyebabkan pengeluaran berlebihan. Jika sedang kesal, tunda kegiatan belanja sampai suasana hati lebih baik.

 

5. Gunakan kartu kredit hanya untuk hal-hal yang akan dibeli

 

Orang cenderung berpikir bahwa kartu kredit adalah untuk membeli barang-barang yang tidak mampu mereka beli. Inilah salah satu alasan mengapa begitu banyak orang terlilit utang. Gunakan kartu kredit untuk pembelian yang seharusnya memang dilakukan, bukan untuk hal-hal yang biasanya tidak akan dibeli karena tidak mampu membelinya.

6. Biarkan tujuan keuangan memandu keputusan pengeluaran

Pengeluaran berlebihan hampir selalu menghalangi menuju tujuan finansial. Maka pertimbangkan saat menghadapi keputusan pengeluaran, pertimbangkan apakah pilihan tersebut akan membantu untuk mencapai tujuan keuangan atau justru mempersulit untuk mencapainya.

7. Tinggalkan kartu kredit di rumah

Bawalah kartu kredit hanya ketika ingin berbelanja untuk tujuan tertentu, misalnya membeli bahan makanan (dengan daftar) atau membeli peralatan baru. Jika tidak, tinggalkan kartu kredit dirumah. Sebab, jika membawanya, berisiko menggunakan kartu kredit untuk pembelian yang tidak direncanakan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini