Investor Pemula, Pahami Dulu Hal Ini agar Sukses Berinvestasi

Iffa Naila Safira, Jurnalis · Selasa 09 Maret 2021 21:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 09 622 2374872 investor-pemula-pahami-dulu-hal-ini-agar-sukses-berinvestasi-bzAJMyRmCA.jpg Investasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Investasi memang menguntungkan. Tergantung bagaimana kita menjalaninya, karena faktor dari tipikal orang berbeda-beda. Sebaiknya, berinvestasi sesuai pola pikir, dan kenyamanan, agar tidak ikut-ikutan saja.

"Kalau investasi antara emas atau saham, itu balik lagi tergantung pada tipikal dan kebutuhan kita seperti apa. Tidak bisa disamaratakan misal, semua orang akan cocok dengan logam mulia. Karena kita harus melihat juga, kita harus mengenal kemampuan profil diri kita seperti apa," kata Perencana Keuangan Andi Nugroho kepada Okezone, Selasa (9/3/2021).

Baca Juga: Milenial Mau Mulai Investasi? Jangan Sisakan tapi Sisihkan, Ini Tipsnya 

Menurut Andi, profil diri itu sendiri terbagi menjadi tiga. Pertama, orang yang bertipikal konservatif atau cenderung kurang berani ambil risiko.

Kemudian ada tipikal orang yang kebalikannya, yaitu agresif yang berani ambil risiko. Lalu di tengah-tengahnya ada orang yang bertipikal moderat.

Sebelum berinvestasi, sebaiknya harus memahami dulu tipikal kita ada di posisi yang mana, apakah moderat, agresif, atau yang konservatif. Itu akan membantu menentukan instrumen yang cocok untuk kita yang mana.

"Kalau saham itu cocoknya untuk tipikal orang yang agresif, atau mereka yang usianya masih relatif muda, seperti anak-anak milenial gitu kan. Awal-awal 20 tahun. Sedangkan untuk logam mulia itu cocok untuk tipikal yang konservatif atau moderat. Nah, atau mereka yang usianya sudah diatas 50 tahun," jelas Andi.

Sekali lagi dalam berinvestasi, tidak ada aturan baku harus yang saham atau emas. Tetapi, lebih baik diperhatikan lagi ke posisi diri masing-masing sebelum berinvestasi.

Pikirkan risiko yang akan ditanggung, sanggup atau tidak. Juga poin terpentingnya adalah kenyamanan diri sendiri dalam berinvestasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini