Begini 5 Rasio Keuangan untuk Analisis Fundamental Saham

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Kamis 11 Maret 2021 19:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 11 278 2376219 begini-5-rasio-keuangan-untuk-analisis-fundamental-saham-35D8Ut16YV.jpg saham (Shutterstock)

JAKARTA - Transaksi saham dapat diprediksi berdasarkan faktor-faktor tertentu. Dalam dunia investasi saham, dikenal istilah analisis fundamental saham.

Menurut Zvi Bodie, Alex Kane & Alan J. Marcus dalam buku Investment, analisis fundamental adalah analisis penentu nilai seperti prospek pendapatan yang dihasilkan oleh perusahaan. Di mana, dilihat dari prospek ekonomi negara serta lingkungan bisnis perusahaan tersebut untuk mencari harga saham wajar.

 Baca juga: 3 Kunci Sukses Investasi Saham agar Hasilnya Tak Main-Main

Dilansir dari laman Instagram @indonesiastockexchange, Jakarta, Kamis (11/3/2021), terdapat lima rasio keuangan dalam analisis fundamental saham. Berikut ulasannya:

1. Price Earning Ratio (PER)

Cara menghitung rasio ini adalah dengan membagi harga saham dengan EPS. EPS atau Earning Per Share merupakan hasil laba bersih dibagi jumlah lembar saham beredar.

 Baca juga: Hati-Hati! Fenomena Pom-Pom dan FOMO Menghantui Investor Saham Pemula

2. Price to Book Value (PBV)

Rumusnya adalah harga saham dibagi dengan book value. Book value ini merupakan hasil ekuitas dibagi dengan jumlah lembar saham yang beredar.

3. Return on Equity (ROE)

Cara menghitungnya yaitu laba bersih dibagi dengan ekuitas.

4. Dividen Yield (DY)

Rasio ini merupakan hasil pembagian dividen per lembar saham dan harga saham.

5. Debt to Equity Ratio (DER)

Cara menghitung rasio ini adalah liabilitas dibagi dengan ekuitas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini