Jumlah Investor Pasar Modal Bertambah 4,5 Juta, Didominasi Anak Muda

Aditya Pratama, Jurnalis · Jum'at 12 Maret 2021 11:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 12 278 2376526 jumlah-investor-pasar-modal-bertambah-4-5-juta-didominasi-anak-muda-fSGedBxiVH.jpg Jumlah Investor di BEI Terus Bertambah. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Investor di pasar modal Indonesia jumlahnya terus bertambah. Per akhir Februari 2021, jumlah investor telah menyentuh 4,5 juta.

"Jumlah investor pasar modal terus mengalami peningkatan, total Single Investor Identification (SID) per akhir Februari 2021 sudah melampaui angka 4,5 juta atau naik sekitar 16 persen jika dibandingkan SID per 31 Desember 2020 sebesar 3,8 juta," ujar Ketua Eksekutif Pengawasan Pasar Modal OJK, Hoesen dalam acara launching Inovasi Edukasi Digital untuk Pasar Modal Indonesia, Jumat (12/3/2021).

Baca Juga: Gaet Investor Baru, BEI Siapkan 4 Terobosan Baru

Hoesen menambahkan, aktivitas investor turut mengalami peningkatan, mengingat frekuensi transaksi yang terjadi juga sangat tinggi. Dia menyebut, hal ini membuktikan bahwa kepercayaan publik terhadap pasar modal Indonesia masih dan akan terus meningkat.

"Peningkatan ini tidak terlepas dari kontribusi investor muda dimana berdasarkan demografi investor individual per Februari 2021 jumlah investor individu dengan usia dibawah 30 tahun sudah mencapai sebesar kurang lebih 57 persen dengan total aset dari kalangan milenial di pasar modal mencapai hampir 33 triliun," kata dia.

Baca Juga: Masyarakat di Daerah Ini Banyak Jadi Investor Saham

Hoesen menyebut, dengan adanya edukasi secara masif melalui media sosial, influencer serta komunitas-komunitas maka gaya hidup investasi pasar modal akan menjadi daya tarik bagi anak-anak muda di Indonesia.

"Beberapa kebijakan digitalisasi telah dikeluarkan di pasar modal dalam rangka peningkatan transaksi, jumlah investor dan kemudahan proses perizinan, diantaranya simplifikasi pembukaan rekening dimana pembukaan rekening efek tanpa perlu tanda tangan basah calon investor dan prosesnya pun kurang lebih dibawah dari satu jam," ucapnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini