Top! Ubah Paradigma, Mentan Syahrul Yasin Limpo: Petani Milenial Bisa Raup Puluhan Juta/ Bulan

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 12 Maret 2021 20:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 12 320 2376926 top-ubah-paradigma-mentan-syahrul-yasin-limpo-petani-milenial-bisa-raup-puluhan-juta-bulan-6cP3dnP73s.jpg Pertanian (Shutterstock)

JAKARTA - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menegaskan petani milenial saat ini banyak meraup hasil dan keuntungan yang melimpah dari hasil bertani.

Kuncinya adalah mereka mengunakan akses market internasional dan komunitas pertanian untuk memasarkan hasil pertanian di dalam negeri dan luar negeri.

 Baca juga: Erick Thohir Bangga Indonesia Ekspor Pertanian ke 27 Negara

"Selain komunitas pertanian yang saat ini variasinya begitu banyak dan kemudian digital sistem menghubungkan antar-negara, sehingga market-nya internasional juga. Marketplace-nya itu bisa tersedia, maka ini semua menjadi peluang bagi petani muda untuk bisa berakses," kata Syahrul Yasin, Jumat (12/3/2021).

Menurutnya, dengan memiliki komunitas pertanian dan akses di pasar internasional, pendapatan dari petani milenial pun melimpah. Tentu, petani milenial yang sukses meraup hasil melimpah, ilmunya akan dikloning oleh petani lainnya.

 Baca juga: Waspadai Mafia Pangan di Tengah Impor Beras

"Sekarang petani-petani bisa melihat rata - rata mereka mendapatkan uang yang puluhan juta/bulan," ungkapnya.

Melihat kondisi ini, Syahrul Yasin Limpo menilai petani saat ini jangan dipandang sebelah mata. Kini, petani muda adalah profesi yang menjanjikan guna meraih pendapatan menggiurkan dan akan terus didorong oleh Kementan. Artinya, stereotipe bahwa menjadi petani tidak akan kaya kini terbantahkan.

"Itulah yang kita dorong," kata Syahrul Yasin Limpo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini