Jelang Puasa, Kedelai hingga Bawang Putih Impor Bakal Banjiri Pasar RI

Michelle Natalia, Jurnalis · Senin 15 Maret 2021 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 15 320 2377957 jelang-puasa-kedelai-hingga-bawang-putih-impor-bakal-banjiri-pasar-ri-KMfd2Ot5dT.jpg Persiapan Stok Pangan Jelang Puasa. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian (Kementan) Momon Rusmono mengatakan bahwa pihak Kementan tengah menyiapkan beberapa langkah penyediaan pangan menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H. Langkah pertama yang diambil adalah mengakselerasi percepatan penyediaan pangan yang masih impor.

"Kami mendorong distribusi kedelai impor dari gudang importir ke konsumen. Lalu, kami juga mempercepat proses penerbitan RIPH khususnya bawang putih," ujar Momon dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi IV DPR RI di Jakarta, Senin (15/3/2021).

Baca Juga: BPS: Impor Januari Turun 6,49% Jadi USD13,3 Miliar

Selain itu, Kementan juga memobilisasi penyediaan sapi lokal dari 10 provinsi sentra, dan mempercepat proses pemasukan daging sapi atau kerbau. Momon juga menyampaikan bahwa pihaknya mendorong baik BUMN dan swasta untuk menjamin ketersediaan, stabilisasi pasokan dan harga gula pasir.

"Kami juga melakukan pemanfaatan dana Cadangan Stabilisasi Harga Pangan (CSHP) sebagai langkah antisipasi bila harga di tingkat konsumen tidak terkendali atau melebihi harga normal," ucapnya.

Baca Juga: Kepala BKPM Kaget Impor Aspal RI Capai Rp50 Triliun

Dalam upaya penyediaan pangan, Kementan juga akan mengadakan pasar murah komoditas utama melalui Pasar Mitra Tani dan di pasar tradisional dengan bekerjasama dengan mitra atau BUMN.

"Kami juga akan melakukan pemantauan harga secara rutin," tandasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini