Cerita Sri Mulyani Ekonomi Indonesia Banyak Alami Shock

Rina Anggraeni, Jurnalis · Senin 15 Maret 2021 15:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 15 320 2378054 cerita-sri-mulyani-ekonomi-indonesia-banyak-alami-shock-9BbcoKrj2M.jpg Sri Mulyani (Okezone)

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani bercerita mengenai kondisi ekonomi Indonesia yang ternyata banyak mengalami shock. Adapun, ekonomi Indonesia terus mendapatkan tekanan baik dari dalam maupun luar negeri.

"Dalam kurun waktu 1990-2020 bagaimana Indonesia perekonomian dipengaruhi beberapa kali shock cukup dalam, pertama krisis keuangan terjadi di Indonesia sebabkan kontraksi hingga 13% dalam perekonomian kita. Pada saat itu tidak hanya pemulihan ekonomi, tapi reform perekonomiam luar biasa," kata Sri Mulyani saat rapat virtual dengan DPR, Seni (15/3/2021).

 Baca juga: Gebrakan Menko Airlangga: Bikin 3 Jembatan Pacu Investasi Singapura ke RI!

Kemudian hadapi krisis keuangan global pada tahun 2008-2009. Meski, waktu itu perkeonomian relatif resilient dengan perekonomian terdampak penurunan ekonomi Indonesia sedikit dibawah 5%.

"Tapi momentum dari shock global digunaka lakukan reform terutama sektor keuangan, kemudian OJk dan KSSK, dan bagaimana perkuat jaring pengaman sektor keuangan kita," katanya.

 Baca juga: Strategi Menjadi Pemenang di Era Pandemi dan Kebutuhan Edukasi Bisnis yang Tepat

Kemudian di tahun 2020, di hadapkan krisis covid sebabkan kontraksi ukup dalam di kuartal kedua hingga keempat. Walaupun saat ini berangsur pulih hingga hampir mencapai 0% atau netral posisi ekonomi Indonesia.

"Kita berharap akselerasi terjadi dan kita akan gunakan shock ini dengan menggunakan momentum reform," bebernya.

Untuk itu perlunya transformasi ekonomi yang merupakan point penting dalam reform. Ini, bertujuan agar menciptakan industri manfuaktur ciptakan nilai tambah tinggi di atas produktivtas dan inovasi yang makin baik.

"Oleh karena itu tidak hanya merefrom dari sektor manufaktur tapi persiapan sisi SDM dan policy investasi kita," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini