Sukses Bisnis Editing Naskah, Berikut Caranya

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 18 Maret 2021 04:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 17 455 2379144 sukses-bisnis-editing-naskah-berikut-caranya-GwSEj00dKN.jpeg Tips Bisnis Editing Naskah. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Banyak bermunculan penerbit indie yang belum bisa mempekerjakan pegawai tetap. Mereka membutuhkan jasa freelancer editor agar naskah yang akan diterbitkan layak naik cetak.

Hal ini bisa dijadikan peluang bisnis editing naskah. Bisnis ini tegolong ringan dan tidak terlalu menguras tenaga, bisa dijalankan di sela-sela mengurus rumah tangga atau dijadikan bisnis sampingan saat sedang WFH.

Baca Juga: 11 Tips Budidaya Tanaman Kopi

Jika tertarik menjalankan bisnis editing buku, tugas pentingnya adalah mengoreksi penulisan kata yang salah, membetulkan tanda baca yang keliru, membenahi kata penghubung, serta melakukan sinkronisasi kalimat dan koherensi paragraf.

Mengutip dari buku Profesional dan Mapan Lewat Bisnis Recehan karya John Afifi, Kamis (18/3/2021) berikut kiat sukses bisnis editing naskah.

1. Cari lowongan editor di penerbit-penerbit indie yang ada di internet. Bila ingin bekerja lebih profesional, tawarkan jasa editing ke penerbit buku lokal di kota terdekat.

Baca Juga: Tips Budidaya Tanaman Jahe hingga Panen

2. Bersemangatlah dalam mengedit naskah. Alokasikan waktu untuk mengedit naskah, jika mulai suntuk rileksasikan diri terlebih dahulu kemudian lanjutkan kembali.

3. Usahakan mengedit setiap hari supaya pekerjaan lekas selesai dan cepat mendapatkan honor. Jangan lupa senantiasa perbaiki kualitas editing supaya penerbit memberi penilaian positif.

4. Jika sedang sepi job, coba tawarkan jasa editing ke penerbit yang lebih besar. Bukan tidak mungkin diterima dan mendapatkan job dengan honor yang lebih besar.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini