BLT UMKM Cair Lagi, Teten: Cepat Naik Kelas

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Jum'at 19 Maret 2021 05:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 18 320 2380067 blt-umkm-cair-lagi-teten-cepat-naik-kelas-QPzoRgCNok.jpg UMKM (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyatakan pandemi memberikan dampak sangat besar bagi UMKM. Berdasarkan data Siap Bersama UKM, dampak pandemi terhadap UMKM yaitu Kesulitan Pemasaran 22,9%,Distribusi Terhambat 20,01%, Kesulitan Permodalan 19,39%, dan Bahan Baku 18,87%.

Oleh karenanya, Teten pastikan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) khususnya pembiayaan bagi koperasi usaha mikro, kecil dan menengah (KUMKM) tahun ini masih akan dilanjutkan oleh pemerintah.

Program PEN KUMKM terdiri dari dua klaster. Pertama, bagi usaha mikro yang unbankable, Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM).

“Pemerintah terus mematangkan alternatif pembiayaan untuk UMKM dan Koperasi yang murah, mudah, dan cepat agar UMKM cepat naik kelas,” papar Teten, Rabu (17/3/2021).

Lalu untuk mengurangi resiko usaha dari UMKM agar lebih feasible untuk mendapatkan akses pembiayaan, pihaknya menyiapkan 4 transformasi besar, yaitu transformasi dari informal ke formal, transformasi ke digital dan pemanfaatan teknologi, transformasi ke dalam rantai nilai (value chain), dan modernisasi koperasi.

Baca Selengkapnya: Kabar Baik, Jokowi Kembali Cairkan BLT UMKM

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini