Hidup Anti Miskin, Coba Cara Ini

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 19 Maret 2021 05:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 18 622 2379765 hidup-anti-miskin-coba-cara-ini-T7qsegRDjP.jpg Tips Mengelola Keuangan untuk Milenial. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA – Ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan agar terhindar atau masuk jurang kemiskinan. Salah satu tindakan nyatanya, mencari sumber penghasilan baru sambil mencegah hal-hal berlebihan yang bersifat konsumtif.

Perencana Keuangan Andi Nugroho mengatakan, mencari sumber penghasilan baru dan melakukan pencegahan terhadap hal-hal berlebih yang bersifat konsumtif dapat dilakukan. Semakin baik jika kedua hal tersebut dilakukan secara bersamaan.

Baca Juga: 5 Kesalahan Keuangan yang Harus Dihindari

“Sebaiknya hal-hal itu dilakukan secara seimbang. Pertama adalah mengendalikan gaya hidup, menghindari membelanjakan uang untuk hal yang bersifat keinginan saja, dan di sisi yang lain kita berusaha mencari sumber-sumber penghasilan baru. Sebaiknya 3 hal itu dilakukan secara bersamaan,” kata Andi Nugroho kepada Okezone, Jumat (19/2/2021).

Jadi, lanjut Andi, dalam usaha berhemat bisa juga di sisi lain berusaha untuk mencari sumber penghasilan yang baru. Sumber penghasilan baru tersebut bisa dilakukan dengan cara investasi atau secara sederhana dikatakan seperti menabung.

Baca Juga: HUT Okezone ke-14, Ngobrol Seru soal Milenial Cerdas Keuangan bersama Mike Rini

“Sumber penghasilan baru itu bisa dicari, seperti berinvestasi atau sederhananya menabung. Ketika berinvestasi kan retainnya akan lebih besar dibanding menabung dan itu akan mempercepat kita menambah pundi-pundi penghasilan,” ungkap Andi.

Jadi, ketika melakukan investasi ataupun menabung dengan jangka yang tidak sebentar, itu akan membuat neraca keuangan kita membaik, seperti utang menjadi nol dan jumlah penghasilan menjadi lebih banyak.

Tak hanya itu, Andi juga membeberkan kunci utama untuk melakukan kegiatan mencari penghasilan baru itu sendiri, yakni dilakukan dengan sabar dan melakukan pencegahan serta mencari penghasilan baru dengan bersamaan.

“Kuncinya sabar dan dilakukan dengan berbarengan antara mengumpulkan sumber-sumber penghasilan baru dan mengurangi utang-utang kita ini tadi. Karena kalau dapat sumber penghasilan banyak, tetapi utangnya juga banyak sama saja uang uma numpang lewat. Lebih parah lagi kalau jika tidak banyak jumlah penghasilan tapi utang banyak, itu akan mendorong kita masuk ke jurang kemiskinan,” tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini