Waspada! Akal-akalan Perusahaan Umumkan Pailit demi Hindari Bayar Pesangon

Michelle Natalia, Jurnalis · Jum'at 19 Maret 2021 13:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 19 320 2380529 waspada-akal-akalan-perusahaan-umumkan-pailit-demi-hindari-bayar-pesangon-yFaQgPagWN.jpg Rupiah (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengabarkan bahwa ada tren yang meresahkan kelompok buruh. Dia menyebutkan bahwa di Bekasi ada perusahaan yang tiba-tiba mengumumkan statusnya sebagai pailit.

"Tiba-tiba mereka mempailitkan perusahaannya dan mereka cuma membayar 0,5 kali upah pesangon pekerja. Ini gara gara PP turunan UU Cipta Kerja, yaitu PP Nomor 35 Tahun 2021," ucap Said dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Jumat (19/3/2021).

Baca Juga: Begini Aturan Baru soal Pesangon Buruh 

Dia mengatakan, banyak perusahaan dibuat pailit, lalu diteruskan dengan membuka perusahaan baru, dan membolehkan karyawan kontrak seumur hayat dan merekrut outsourcing sebanyak-banyaknya.

"Di Tangerang sudah sering. Pekerja tetap 15 tahun cuma diberi paket, dan dipanggil lagi hanya untuk menjadi outsourcing. Karyawan kontrak tidak ada harapan untuk menjadi karyawan tetap," terang Said.

Dia mengatakan, KSPI akan melakukan perlawanan dengan all-out aksi lapangan melibatkan semua buruh di pabrik-pabriknya, dan disiarkan secara virtual.

"Sidang bulan Juni ILO 2021 kalau jadi, kami akan bawa sebagai CFA, kasus Omnibus Law sebagai pelanggaran hak asasi dan hak buruh. Kita akan lihat keputusan ILO seperti apa," tegas Said.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini