11 Perjanjian Dagang Internasional Rampung Tahun Ini

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 23 Maret 2021 14:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 23 320 2382684 11-perjanjian-dagang-internasional-rampung-tahun-ini-nfTOBHMP2p.jpg 11 Perjanjian Dagang Ditargetkan Selesai Tahun Ini. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Perdagangan sedang menyelesaikan perjanjian dagang yang masih tertunda. Ada sekitar 11 perjanjian dagang yang masih dalam proses.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan, pemerintah mempercepat proses perjanjian perdagangan dengan beberapa negara. Sehingga diharapkan sebagian besar dari 11 perjanjian ini bisa rampung pada tahun ini.

Baca JugaL: Mendag Pastikan Pasar Perdagangan di RI Tak Ada Kecurangan

Dari 11 perjanjian dagang tersebut, perjanjian paling besar yakni Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU-CEPA). Adapun perundingan perjanjian IEU-CEPA telah dimulai sejak 2017 dan diharapkan selesai pada tahun 2021.

“Target kami mudah-mudahan bisa selesai tahun ini,” ujarnya dalam acara Forum Strategi Pengembangan Ekspor Nasional dan Sosialisasi IA-CEPA, Selasa (23/3/2021).

Baca Juga: Mendag Serahkan Rapor Merah Perdagangan ke Jokowi

Jerry menjelaskan,dirinya mendapatkan arahan langsung dari Presiden Joko Widodo untuk mempercepat perjanjian perdagangan dengan negara lain. Sehingga bisa berdampak pada peningkatan angka ekspor.

“Yang kita harus pastikan adalah mempercepat, merealisasi , mengeksekusi perjanjian dagang dalam rangka meningkatkan ekspor,” jelasnya.

Lebih dari itu, Jerry mengatakan perjanjian dagang yang diupayakan pemerintah dengan keras nantinya harus bisa termanfaatkan oleh para pelaku usaha. Karena, tujuan dari dilakukannya perundingan agar memberikan manfaat bagi dunia usaha untuk bisa mengembangkan produknya ke pasar global.

“Kami butuh support dari pelaku usaha. Apa produk yang bisa ditawarkan yang bisa ekspor dengan negara negara yang sudah selesai perjanjianya itu yang bisa kita tarik ke luar,” jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini