Yuk Mulai Siapkan Tabungan Pensiun, Banyak Manfaatnya Lho

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Kamis 25 Maret 2021 04:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 24 622 2383436 yuk-mulai-siapkan-tabungan-pensiun-banyak-manfaatnya-lho-NiFMcbimst.jpeg Tips Mengatur Keuangan (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA – Merencanakan tabungan untuk masa tua ketika sudah pensiun memiliki tantangannya tersendiri. Terkadang masih saja orang yang bertanya-tanya, bagaimana cara terbaik dan berapa nominal yang harus disetor setiap menabung.

Namun, hal tersebut dapat berjalan lancar ketika orang benar-benar bersemangat tentang perencanaan pensiun, dan melakukan hal-hal ini dapat memotivasi untuk menetapkan dan mencapai tujuan untuk masa depan yang lebih baik. Berikut ulasannya, dilansir dari Real Simple, Kamis (25/3/2021).

Baca Juga: Kondisi Keuangan Meningkat, Orang Makin Banyak Nabung

1. Lihat ke belakang, sudah seberapa jauh mempersiapkan tabungan untuk masa depan

Mempersiapkan tabungan pensiun akan lebih mudah jika sudah memiliki dana darurat. Orang akan lebih mudah termotivasi mempersiapkan dan mempertahankan nominal tabungan pensiun, karena memiliki dana darurat itu berarti tidak perlu merogoh tabungan pensiun atau bahkan berutang lagi ketika masa-masa sulit. Banggalah dengan langkah-langkah yang telah dibuat menuju masa depan yang lebih sejahtera.

Sama halnya dengan membeli rumah, jika sudah, setidaknya hal-hal tersulit dalam keadaan finansial di kehidupan telah terlewati dan saatnya mempersiapkan hal yang lebih jauh yaitu dengan menabung untuk masa pensiun.

Baca Juga:  Tabungan Tiris Usai Liburan? Tenang, Ada 4 Cara Memulihkannya

2. Pusatkan pada tujuan jangka panjang

Ada alasan mengapa perlu memotivasi diri sendiri untuk merencanakan masa pensiun: merencanakan masa pensiun adalah upaya jangka panjang, tanpa imbalan yang langsung seperti menabung untuk liburan yang menyenangkan atau menghabiskan uang untuk membeli gadget baru.

Namun, sisi lain dari upaya jangka panjang itu adalah tabungan pensiun memiliki waktu yang banyak untuk memulai atau menyesuaikan upaya untuk membuat hidup lebih baik ke depannya. Jika merasa berat dan sedih karena harus menabung untuk masa pensiun, pikirkan berapa tahun waktu untuk mempersiapkannya hingga usia pensiun.

Pikirkan tentang berapa bulan dalam tahun-tahun itu, dan hitung berapa banyak yang harus ditabung setiap bulan agar cukup, berapa pun jumlah itu untuk saat ini. jika tidak menabung lebih cepat atau berhenti di tengah-tengah, nominal yang akan didapat lebih sedikit.

3. Ubah perspektif

Luangkan waktu sejenak untuk memusatkan diri pada apa tujuan akhir menabung untuk masa pensiun, meditasi bisa menghilangkan stres perencanaan pensiun. Ingatkan diri sendiri bahwa beruntung sekali jika dapat menyisihkan uang untuk masa depan yang bahagia dan damai.

Pikirkan orangtua atau kakek-nenek, apakah mereka menabung untuk masa tua juga? Tempatkan diri sendiri pada posisi tersebut di mana tujuan menabung untuk pensiun berlabuh. Setiap kali merasa sedih tentang perencanaan pensiun, ingatkan diri sendiri bahwa itu adalah sesuatu yang harus dilakukan, motivasi akan mengalir sendiri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini