Tjahjo Kumolo: Arahan Jokowi Ingin Kurangi CPNS yang Kerjanya Duduk di Balik Meja

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 25 Maret 2021 20:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 25 320 2384129 tjahjo-kumolo-arahan-jokowi-ingin-kurangi-cpns-yang-kerjanya-duduk-di-balik-meja-QR3A5k8KiM.jpg Tjahjo Kumolo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah akan membukan lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan juga Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada tahun ini. Pembukaan lowongan ini dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan pegawai di instansi pusat maupun daerah.

Hal ini menjadi kabar gembira dan sudah sangat ditunggu oleh masyarakat. Mengingat, pada tahun lalu pemerintah juga tidak melakukan rekrutmen untuk mengisi posisi sebagai pegawai pemerintah karena adanya pandemi covid-19.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Tjahjo Kumolo mengatakan, dalam rekrutmen calon pegawai pemerintah tahun ini, pihaknya memfokuskan untuk mencari tenaga teknis. Termasuk juga dalam seleksi CPNS yang rencananya akan dibuka pada pertengahan tahun ini.

Langkah ini juga dilakukan untuk mengurangi ASN yang hanya bertugas sebagai tenaga administrasi. Karena, pemerintah ingin mencari tenaga atau pegawai yang bisa langsung terjun ke lapangan.

“Agar memperbanyak tenaga teknis yang bisa langsung terjun ke masyarakat dalam rangka mengurangi ASN yang melaksanakan tugas administrasi,” ujarnya dalam keteranganya, Kamis (25/3/2021).

Tjahjo menambahkan, pencarian tenaga teknis ini juga sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo langsung. Di mana, sumber daya ASN harus diperbanyak yang terjun langsung ke lapangan atau dekat dengan masyarakat, bukan hanya tenaga administrasi.

“Ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo kepada Kementerian PANRB,” kata Tjahjo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini