Mudik Lebaran Dilarang, Menko Luhut: Kita Tak Punya Pilihan

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 26 Maret 2021 17:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 26 320 2384634 mudik-lebaran-dilarang-menko-luhut-kita-tak-punya-pilihan-OVweSJW9Uu.jpg Menko Luhut (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa keputusan pemerintah melarang untuk mudik Lebaran tahun ini merupakan satu-satunya pilihan untuk mencegah penambahan kasus positif Covid-19.

Menurut dia, negara-negara Eropa misalnya, ketika opsi perjalanan wisata dibuka, kasus Covid-19 justru meningkat. Hal tersebut yang menjadi pertimbangan pemerintah.

"Jadi memang kita tak punya pilihan banyak mengenai libur ini. Pasalnya kita lihat pengalaman di Eropa. Di mana begitu dibuka langsung naik 30%. Maka itu kita tak mau terjadi itu," ujar dia dalam Bali Investment Forum 2021 secara virtual, Jumat (26/3/2021).

Baca Juga: Pemerintah Tetapkan Larangan Mudik Lebaran 2021 pada 6-17 Mei 2021 

Akan tetapi, Menko Luhut tidak menampik, larangan mudik Lebaran ini akan berimbas lagi terhadap sektor pariwisata terutama di Bali, yang kini jadi fokus pemerintah.

"Kita ketahui tadi sudah diputuskan di rapat kabinet libur Lebaran ini kita hold saja dulu," tandas dia,

Sebelumnya, pemerintah kembali melakukan larangan mudik Lebaran. Dipastikan larangan mudik Lebaran pada 2021 berlaku kepada seluruh masyarakat.

Penegaskan itu berlaku untuk seluruh lapisan masyarakat dan pegawai pemerintah. "Tahun 2021, mudik ditiadakan, berlaku untuk ASN, TNI-Polri, karyawan BUMN, karyawan swasta, pekerja mandiri, dan seluruh masyarakat," kata Menko PMK Muhadjir Effendy dalam jumpa pers virtual.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini