Gemar Makan Soto Semarang, Sri Mulyani: Bangga dengan Kekayaan Kuliner Tanah Air

Michelle Natalia, Jurnalis · Sabtu 27 Maret 2021 09:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 27 320 2384893 gemar-makan-soto-semarang-sri-mulyani-bangga-dengan-kekayaan-kuliner-tanah-air-FVnTk7k1ND.jpg Sri Mulyani Makan Soto Semarang. (Foto: Okezone.com/Instagram)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas dan menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi beragam cita rasanya menjadi kenangan khusus.

Tak jarang, kata dia, kuliner bahkan menjadi branding yang mengangkat nama sebuah wilayah.

Baca Juga: 4 Fakta Sri Mulyani Kesal Ditawari Dana Cepat Rp5 Juta

"Sore hari sebelum kembali ke Jakarta kemarin, saya menyempatkan diri mampir menikmati soto khas Semarang di salah satu tempat kuliner. Soto ini khas sekali karena pernak-perniknya yang banyak dan enak, seperti perkedel, tempe, dan kerang," tulis Sri di Jakarta, Sabtu (27/3/2021).

Bahkan, Sri Mulyani mengaku bahwa Soto Semarang ini merupakan salah satu menu kuliner yang digemari sejak kecil. Oleh karena itu, bersama tim, dirinya menikmati soto sambil ngobrol santai mengakhiri kegiatan kunjungan kerja.

Baca Juga: Sri Mulyani: Covid-19 Memaksa Pelaku Ekonomi Berubah dalam Waktu Cepat

"Kekayaan ragam kuliner di tanah air patut dibanggakan dan dijadikan modal kuat untuk mengembangkan potensinya," ucap Sri.

Berdasarkan informasi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), kuliner tercatat sebagai sub-sektor penyumbang GDP terbesar dari ekonomi kreatif, yaitu rata-rata tiap tahun berkontribusi sekitar 42% dari total PDB ekonomi kreatif.

"Dengan adanya Covid-19, tentu industri kuliner terkena dampaknya, khususnya mereka yang berada daerah tujuan wisata yang tertekan karena penurunan jumlah wisatawan. Namun, di sisi lain, perkembangan tren seperti platform aplikasi berbasis transportasi dan media sosial sebagai marketplace merupakan peluang sekaligus tantangan khususnya bagi pelaku UMKM," jelas Sri.

Dia berharap agar para pemilik usaha kuliner terus giat berinovasi agar dapat menawarkan produk kuliner yang berkualitas dan disukai masyarakat. Tidak sekadar memenuhi cita rasa dan selera, tapi juga memenuhi gaya hidup masyarakat kini.

"Apa kuliner favoritmu? Share di sini ya biar yang lain tau dan terinspirasi untuk membeli!," tutup Sri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini