Share

BLT UMKM Dilanjutkan, Siap-Siap Cair Lagi

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Selasa 30 Maret 2021 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 30 320 2386453 blt-umkm-dilanjutkan-siap-siap-cair-lagi-ORexDVBKc0.jpg BLT UMKM Segera Cair. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - BLT UMKM dipastikan cair lagi pada tahun ini. BLT UMKM menjadi salah satu bantuan sosial yang diharapkan dapat membantu pelaku usaha di tengah pandemi virus corona yang belum selesai.

Namun untuk besaran BLT UMKM tahun ini lebih kecil. Di mana pada 2020, BLT UMKM diberikan sebesar Rp2,4 juta, tahun ini hanya Rp1,2 juta.

Baca Juga: BLT Subsidi Gaji, 6 Syarat Agar Bisa Langsung Cair

"Tahun 2021 direncanakan untuk 12,8 juta pelaku usaha mikro Rp1,2 juta. Dilanjutkan," ujar Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop dan UKM Eddy Satria kepada Okezone.

Sebelumnya, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan program PEN KUMKM terdiri dari dua klaster. Pertama, bagi usaha mikro yang unbankable, Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM).

“Insya Allah segera akan digulirkan oleh Presiden,” kata Teten, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Proses Pencairan BLT UMKM Rp1,2 Juta

Kedua, PEN bagi kelompok usaha yang sudah bankable dan telah mendapatkan kredit usaha rakyat (KUR) berupa fasilitas subsidi bunga KUR dan pembiayaan modal kerja koperasi melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM).

"Pemerintah terus mematangkan alternatif pembiayaan untuk UMKM dan Koperasi yang murah, mudah, dan cepat agar UMKM cepat naik kelas,” papar Teten.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini