8 Kutipan Inspirasi Presiden-Presiden AS, Jadi Motivasi bagi Para Pengusaha

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Kamis 08 April 2021 06:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 07 622 2390891 8-kutipan-inspirasi-presiden-presiden-as-jadi-motivasi-bagi-para-pengusaha-cs3vgXPeOc.jpg Karyawan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Seorang politikus yang hebat, seperti halnya seorang pemimpin bisnis yang hebat, dapat menginspirasi hanya dengan beberapa kata bijaknya. Mungkin hal tersebut akan berguna di saat seseorang membutuhkan dorongan untuk meluncurkan bisnis yang telah diimpikan, atau ketika perlu sedikit motivasi untuk terus melangkah maju ketika menghadapi hambatan.

Berikut kutipan-kutipan dari pidato presiden Amerika Serikat, mulai dari Abraham Lincoln sampai Barack Obama yang mungkin bisa bermanfaat untuk mendorong motivasi bisnis dan skill kepemimpinan, dilansir dari Entrepreneur, Kamis (8/4/2021).

Baca Juga: 8 Trik Membuat Hari Senin Jadi Lebih Menyenangkan

“Jika tindakan Anda menginspirasi orang lain untuk lebih banyak bermimpi, belajar lebih banyak, berbuat lebih banyak, dan meraih lebih banyak, Anda adalah seorang pemimpin.” - John Quincy Adams

Terlepas dari pergumulannya dengan oposisi di Kongres, presiden keenam AS itu berhasil melunasi banyak utang nasional dalam satu masa jabatannya. Memotivasi tim untuk melampaui dan meraih lebih sama pentingnya dengan memotivasi diri sendiri.

“Jika Anda berjalan di jalan yang benar dan Anda ingin terus berjalan, pada akhirnya Anda akan mencapai kemajuan.” - Barack Obama

Obama tetap berpegang teguh pada masa jabatannya meskipun menghadapi banyak pertentangan. Setuju atau tidak, pengusaha bisa mengagumi kegigihannya. Setelah pengusaha memilih jalur untuk bisnis, tetaplah berkomitmen dan pada akhirnya akan membuat kemajuan yang perlahan tapi pasti.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Orang Sukses saat Memulai Kerja

“Sungguh menakjubkan apa yang dapat Anda capai jika Anda tidak peduli siapa yang mendapat pujian.” - Harry S. Truman

Truman menghadapi segudang masalah masa perang termasuk pengembangan bom atom ketika ia menjabat sebagai presiden setelah kematian tak terduga Franklin Roosevelt pada tahun 1945. Para pemimpin bisnis saat ini dapat belajar dari semangat kerjasamanya.

“Pencapaian akan terbukti menjadi sebuah perjalanan, bukan tujuan.” - Dwight D. Eisenhower.

Presiden dua periode itu memiliki riwayat hidup yang panjang ketika menjabat pada tahun 1952, Memimpin selama dekade yang penuh gejolak dalam jabatannya, dia mengambil pendekatan pragmatis untuk mencapai tujuannya. Jika gambaran besar sukses tampaknya terlalu tinggi dari tujuan, fokuslah pada apa yang dapat dicapai setiap hari.

“Penyesuaian adalah pengekang kebebasan dan musuh pertumbuhan.” - John F. Kennedy.

Presiden termuda dalam sejarah AS ini dianggap oleh banyak orang sebagai seorang visioner. Pikirkan tentang wirausahawan yang lebih berpengaruh dan inovatif, kemungkinan besar mereka maju bertentangan dengan arus dan memiliki cara pendekatan yang berbeda. Berada di zona aman jarang bisa diperhatikan.

“Jika Anda memperlakukan orang dengan benar, mereka akan memperlakukan Anda kembali dengan benar… dalam 90% kesempatan.” - Franklin D. Roosevelt.

FDR menghadapi banyak masalah yang menakutkan ketika dia menjabat selama The Great Depression. Sementara dia memenangkan pemilihan ulang dengan selisih besar, dia menghadapi banyak oposisi di Mahkamah Agung, membuktikan bahwa tidak ada yang dapat menyenangkan semua orang sepanjang waktu.

“Dalam urusan gaya, berenanglah mengikuti arus; dalam hal prinsip, berdirilah seperti batu.” -- Thomas Jefferson.

Bapak pendiri dan penulis utama Deklarasi Kemerdekaan tahu satu atau dua hal tentang prinsip. Ketika berbicara tentang tren di pasar, ada baiknya untuk tetap mengikuti perkembangan, tetapi ketika menyangkut apa yang benar-benar diyakini oleh perusahaan, berdirilah dengan teguh dan tetap setia pada prinsip-prinsip.

“Saya berjalan perlahan, tapi saya tidak pernah berjalan mundur.” - Abraham Lincoln.

Salah satu presiden paling berpengaruh dalam sejarah AS, Lincoln menginspirasi AS selama periode yang panjang dan sulit. Keberhasilan kemungkinan besar tidak akan datang dalam semalam, jadi pertahankan tujuan yang di depan mata dan terus bergerak maju, tidak peduli seberapa lambatnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini