Daftar 10 Orang Terkaya di AS, Jeff Bezos Vs Elon Musk Bersaing Ketat

Fadel Prayoga, Jurnalis · Sabtu 10 April 2021 09:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 10 455 2392378 daftar-10-orang-terkaya-di-as-jeff-bezos-vs-elon-musk-bersaing-ketat-quH3hJnfqO.jpg Jeff Bezos (Reuters)

JAKARTA - Amerika Serikat sebagai negeri adidaya tentu selalu mencantumkan deretan nama warganya untuk menduduki orang terkaya atau miliarder di planet bumi. Hal itu dapat terlihat dari penghitungan yang dilakukan oleh Forbes, dari 10 orang tertajir di dunia, 8 di antaranya dari negeri Paman Sam.

Dilansir dari Forbes, Minggu (10/4/2021), berikut 10 daftar miliarder asal Amerika Serikat:

 Baca juga: Ini 10 Negara dengan Miliarder Terbanyak di Dunia

1. Jeff Bezos

Kekayaan bersih: USD177 miliar atau setara Rp2.563 triliun (mengacu kurs Rp14.485 per USD)

Sumber kekayaan: Amazon

Tempat tinggal: Seattle

Founder Amazon ini tidak lagi menjadi CEO di akhir tahun 2021. Pada bulan Februari, Bezos mengumumkan bahwa dia akan mundur dari posisinya pada kuartal ketiga 2021 untuk fokus pada proyek-proyek lain, termasuk perusahaan luar angkasa, Blue Origin, Washington Post dan inisiatif amal seperti Amazon Day 1 Fund.

Pada tahun 2020, Bezos Earth Fund senilai USD10 miliar memberikan USD791 juta kepada 16 organisasi nirlaba perubahan iklim.

 Baca juga: Beijing Gudangnya Orang Terkaya Dunia, Ada Bos TikTok Zhang Yiming

2. Elon Musk

Kekayaan bersih: USD151 miliar atau setara Rp2.187 triliun.

Sumber kekayaan: Tesla, Spacex

Tempat tinggal: Austin, Texas

Peringkat kedua jatuh kepada CEO Tesla Elon Musk yang memiliki harta sebesar USD151 miliar atau setara Rp2.187 triliun.

Founder and CEO Tesla, Elon Musk menempati urutan ke-6 dari 21 orang di dunia yang berpengaruh dalam melakukan inovasi transportasi. Hal itu diketahui setelah lembaga internasional Transformative Urban Mobility Initiative (TUMI) melakukan penelitian terhadap 21 orang terpilih.

Elon dinilai sebagai orang yang paling inovatif untuk memikirkan energi bersih dalam sebuah kendaraan setelah dirinya memutuskan untuk memproduksi mobil listrik, Tesla. Dengan hadirnya Tesla, dia mempercepat munculnya transportasi berkelanjutan dengan mendorong batas-batas e-mobilitas.

3. Bill Gates

Kekayaan bersih: USD124 miliar atau setara Rp1.796 triliun

Sumber kekayaan: Microsoft

Tempat tinggal: Medina, Washington

Dengan kekayaan sebanyak itu, lelali berumur 65 tahun itu berhasil menduduki orang tertajir nomor empat di dunia.

4. Mark Zuckerberg

kekayaan bersih: USD97 miliar atau setara Rp1.405 triliun.

Sumber kekayaan: acebook

Tempat tinggal: Palo Alto, California

Saat ini, dia masih berusia 36 tahun.

Facebook adalah jaringan sosial yang dijalankan Zuckerberg, telah menjadi alat komunikasi utama selama penguncian pandemi virus corona.

Lebih dari 1.000 pengiklan bergabung dengan boikot pada bulan Juni untuk memprotes kebijakan Facebook yang longgar atas ujaran kebencian dan postingan yang menyesatkan dari politisi.

Zuckerberg memulai Facebook di Harvard pada 2004 pada usia 19 tahun untuk siswa mencocokkan nama dengan foto teman sekelas.

Dia mempublikasikan Facebook pada Mei 2012 dan masih memiliki sekitar 15% saham. Pada Desember 2015, Zuckerberg dan istrinya, Priscilla Chan, berjanji untuk memberikan 99% saham Facebook mereka selama hidup mereka.

5. warren buffett

Kekayaan bersih: USD96 miliar atau setara Rp1.390 triliun.

Sumber kekayaan: Berkshire Hathaway

Tempat tinggal: Omaha

CEO, Berkshire Hathaway ini mempunyai harta sebesar USD96 miliar atau setara Rp1.390 triliun.

Warren Buffett adalah salah satu investor paling sukses sepanjang masa. Buffett menjalankan Berkshire Hathaway, yang memiliki lebih dari 60 perusahaan, termasuk perusahaan asuransi Geico, pembuat baterai Duracell dan jaringan restoran Dairy Queen.

Dia telah berjanji untuk menyumbangkan lebih dari 99% kekayaannya. Sejauh ini dia telah memberikan lebih dari $ 41 miliar, sebagian besar kepada Gates Foundation dan yayasan anak-anaknya.

6. Larry Ellison

kekayaan bersih: USD93 miliar atau setara Rp1.347 triliun.

Sumber kekayaan: Oracle

Tempat tinggal: Lanai, Hawaii

CTO and Founder, Oracle ini tercata mempunyai kekayaan bersih sebanyak USD93 miliar atau setara Rp1.347 triliun.

Dia melepaskan peran CEO Oracle pada tahun 2014 setelah 37 tahun memimpin. Oracle telah tumbuh sebagian melalui akuisisi perusahaan perangkat lunak yang stabil, yang terbesar adalah USD9,3 miliar untuk Netsuite pada tahun 2016.

Pada Mei 2016, Ellison menjanjikan USD200 juta kepada University of Southern California untuk sebuah pusat perawatan kanker.

Pada tahun 2012, Ellison menghabiskan USD300 juta untuk membeli hampir semua pulau Lanai di Hawaii; Sejauh ini, dia telah membangun pertanian hidroponik dan spa mewah di sana.

7. Larry Page

Kekayaan bersih: USD91,5 miliar atau setara Rp1.325 triliun.

Sumber kekayaan: Google

Tempat tinggal: Palo Alto, California

Cofounder and board member, Alphabet ini terhitung mempunyai kekayaan bersih sebesar USD91,5 miliar atau setara Rp1.325 triliun.

Larry Page mengundurkan diri sebagai CEO Alphabet, induk Google, pada Desember 2019 tetapi tetap menjadi anggota dewan dan pemegang saham pengendali.

Dia menjadi salah satu pendiri Google pada tahun 1998 dengan sesama Stanford Ph.D. siswa Sergey Brin. Dengan Brin, Page menemukan algoritma PageRank Google, yang menggerakkan mesin pencari.

8. Sergey Brin

Kekayaan bersih: USD89 miliar atau setara Rp1.289 triliun.

Sumber kekayaan: Google

Tempat tinggal: Los Altos, California

Sergey Brin mengundurkan diri sebagai presiden Alphabet, perusahaan induk Google, pada Desember 2019 tetapi tetap menjadi pemegang saham pengendali dan anggota dewan.

Dia menjadi salah satu pendiri Google dengan Larry Page pada tahun 1998 setelah keduanya bertemu di Universitas Stanford saat belajar untuk mendapatkan gelar lanjutan dalam ilmu komputer.

Google go public pada tahun 2004 dan mengubah namanya menjadi Alphabet pada tahun 2015.

9. Steve Ballmer

Negara: AS.

Kekayaan bersih: USD68,7 miliar atau setara Rp995 triliun

Sumber kekayaan: Microsoft

Ballmer adalah pemilik tim olahraga terkaya di Amerika, berkat kekayaan yang ia kumpulkan selama berada di Microsoft, di mana dia menjabat sebagai CEO dari tahun 2000 hingga 2014.

Tim bola basketnya di Los Angeles Clippers diharapkan dapat membangun arena baru senilai USD1 miliar tahun ini, setelah Ballmer membeli The Forum di Inglewood seharga USD400 juta pada tahun 2020.

Ballmer Group, sebuah organisasi filantropi yang dia dirikan bersama istrinya, Connie, telah memberikan USD54 juta untuk berbagai proyek bantuan Covid-19 dalam satu tahun terakhir.

10. Alice Walton

Kekayaan bersih: USD61,8 Miliar atau setara Rp895 triliun

Sumber kekayaan: WALMART

Tempat tinggal: Fort Worth, Texas

Walton dan saudara-saudaranya, bersama anggota keluarga lainnya, secara kolektif memiliki sekitar setengah dari pengecer terbesar di dunia, Walmart. Saham perusahaan naik lebih dari 5% sejak daftar tahun lalu, sebagian berkat upaya untuk meningkatkan penjualan online untuk bersaing dengan Amazon Prime.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini