Cair Rp1,2 Juta, Pelaku Usaha Bisa Dapat BLT UMKM Lagi

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 12 April 2021 04:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 11 320 2392801 cair-rp1-2-juta-pelaku-usaha-bisa-dapat-blt-umkm-lagi-XT68wEjimr.jpg BLT UMKM. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah memutuskan untuk melanjutkan Program Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM pada tahun ini. Salah satu tujuannya demi membantu para pedagang dalam melawan serangan resesi akibat pandemi Covid-19.

BLT UMKM akan menyasar 12,8 juta pelaku Usaha Mikro yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dengan anggaran sebesar Rp15,36 triliun. Untuk tahap pertama, telah tersedia anggaran sebesar Rp11,76 triliun bagi 9,8 juta pelaku usaha mikro. Anggaran tahap kedua sebesar Rp3,6 triliun bagi 3 juta pelaku Usaha Mikro.

Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM Eddy Satriya mengatakan penyaluran BPUM bagi pelaku Usaha Mikro akan dilakukan secara bertahap sampai dengan kuartal ke-3 tahun 2021.

Eddy menambahkan. BPUM akan disalurkan kepada seluruh pelaku UMKM terdampak. Baik kepada yang sudah menerima tahun lalu, maupun belum menerima yang sudah diusulkan ataupun yang sedang diproses.

Meski begitu, bagi yang sudah menerima tahun lalu memang tidak semua akan dapat bantuan tahun ini, karena pemerintah melakukan evaluasi terhadap penerima yang tahun lalu ada kekurangan, seperti target yang salah sasaran akan dibersihkan datanya.

Baca Selengkapnya: BLT UMKM Sedang Proses Penyaluran, Penerima Tahun Lalu Bisa Dapat Lagi

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini