Kini Petani Bisa Ngutang dengan Jaminan Hasil Panen

Ferdi Rantung, Jurnalis · Rabu 14 April 2021 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 14 320 2394552 kini-petani-bisa-ngutang-dengan-jaminan-hasil-panen-tyVpm1ZxVt.jpg Petani Bisa Ajukan Kredit dengan Hasil Panen. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Wamendag Jerry Sambuaga berinisiatif menjalin kerjasama dengan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) untuk menjadi standby buyer bagi komoditi yang disimpan di Gudang Sistem Resi Gudang (SRG).

Program SRG merupakan upaya pemerintah membantu mensejahterakan petani dengan menerapkan sistem tunda jual dan pembiayaan perdagangan dengan memberikan kredit dengan jaminan komoditi yang disimpan di Gudang SRG.

Selain itu, Gudang SRG akan diintegrasikan dengan pasar sehingga Pemerintah dapat memantau stok dan mutu komoditi di lapangan dengan lebih akurat.

Baca Juga: Wagub Sumbar: Sektor Pertanian Tulang Punggung Ekonomi Nasional

“Tidak hanya untuk memberikan fasilitas kredit ke petani, tapi kita juga upayakan agar barang yang disimpan di Gudang SRG ini ada pembelinya. Kita sudah punya MoU dengan Aprindo untuk menjadi standby buyer komoditi bawang merah di SRG Brebes, nah ini nanti akan kita perluas untuk komoditi lain dan tentunya di gudang-gudang SRG lainnya.” ungkap Wamendag, Rabu (14/4/2021).

Selain itu, Jerry Sambuaga menilai pentingnya sinergi antar Kementerian/Lembaga dalam menyukseskan program kerja Kementerian Perdagangan. Salah satu yang bekerjasama adalah Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi.

Baca Juga: Swasembada Pangan, RI Targetkan Cetak 1 Juta Petani Milenial

Jerry ingin mensinergikan program Sistem Resi Gudang (SRG) yang dikelola oleh Kemendag dan berlokasi di kurang lebih 163 titik seluruh Indonesia.

“Saat ini kan Kemendag punya Gudang SRG di hampir setiap provinsi di Indonesia dan lokasinya banyak yang di desa-desa, jadi kami berinisiatif untuk berkolaborasi dengan Kemendes untuk mengoptimalkan Gudang SRG yang ada di desa-desa” imbuh Jerry.

Di sisi lain, Wamendes Budie Arie berharap Kemendag dan Kemendes dapat bekerjasama dalam memberdayakan UMKM di desa-desa agar dapat naik kelas. Kemendes saat ini sedang mengembangkan platform e-commerce yang khusus menjual produk hasil UMKM desa.

"Dengan adanya kerjasama dengan Kementerian Perdagangan, diharapkan produk unggulan UMKM desa dapat makin berjaya dan merajai pasar dalam negeri," ujar Budie

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini