Swasembada Pangan, RI Targetkan Cetak 1 Juta Petani Milenial

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 07 April 2021 21:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 07 320 2391072 swasembada-pangan-ri-targetkan-cetak-1-juta-petani-milenial-Nh55PffSWQ.jpg RI Butuh Banyak Petani Milenial. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah menargetkan 1 juta petani milenial ikut tergabung dalam 40 ribu kelompok di masing-masing daerah. Di mana dalam setiap kelompok terdiri dari 20-30 orang.

Menurut Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Septriana Tangkary, digitalisasi pertanian mampu menjadi solusi swasembada pangan dan generasi petani milenial menjadi salah satu SDM yang perlu dipersiapkan sebagai kuncinya.

Baca Juga: Dear Milenial! Mentan Syahrul Yasin Limpo Targetkan Cetak 2,5 Juta Petani Milenial, Kamu Siap?

"Jadi masyarakat Indonesia sudah menjadi masyarakat digital karena saat ini semakin mudah untuk mengakses informasi melalui berbagai platform teknologi digital yang menawarkan inovasi fitur dari medium komunikasi yang kian interaktif," ujar dia di Jakarta, Rabu (7/4/2021).

Sementara itu, Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Arif Satria menyebut ada dua cara yang dapat dilakukan untuk memajukan sektor pertanian di era 4.0.

Baca Juga: Top! Ubah Paradigma, Mentan Syahrul Yasin Limpo: Petani Milenial Bisa Raup Puluhan Juta/ Bulan

"Pertama, membangun learning center bagi para petani di daerah. Kedua generasi-genarasi baru petani," ungkap dia.

Sedangkan, Kepala Pusat Pendidikan Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Idha Widi Arsanti menambahkan pertanian merupakan sektor yang paling bertahan dalam masa pandemi Covid-19, dengan tumbuh sebesar 16,24% di saat sektor lain mengalami penurunan.

"Hal ini didukung pola konsumsi masyarakat yang menempatkan bahan pokok sebagai prioritas pengeluarannya (99,99%) menurut data BPS," tandas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini