Dear Milenial! Mentan Syahrul Yasin Limpo Targetkan Cetak 2,5 Juta Petani Milenial, Kamu Siap?

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 12 Maret 2021 21:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 12 320 2376936 dear-milenial-mentan-syahrul-yasin-limpo-targetkan-cetak-2-5-juta-petani-milenial-kamu-siap-wQCrIuHKkK.jpg Petani (Shutterstock)

JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) menargetkan mencetak 2,5 juta petani milenial.

Ada dua strategi yang dibocorkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk menghasilkan ratusan juta petani muda ke depan dalam menghadapi perkembangan dunia pertanian yang semakin maju.

 Baca juga: Top! Ubah Paradigma, Mentan Syahrul Yasin Limpo: Petani Milenial Bisa Raup Puluhan Juta/ Bulan

"Bagaimana strategi kami membuat 2,5 juta petani muda? [Pertama] 2,5 juta itu kita berharap terdidik, setiap tahun kami juga memagangkan kurang lebih 1.000 orang ke beberapa negara," kata Syahrul Yasin Limpo, Jumat (12/3/2021).

Strategi kedua, dilanjutkan Syahrul Yasin Limpo, Kementan merangkul universitas-universitas di seluruh Tanah Air yang memiliki fakultas peternakan dan pertanian. Sarjana pertanian dan peternakan dari universitas-universitas tersebut nanti akan ditempatkan ke bidang pertanian dan peternakan strategis oleh Kementan.

 Baca juga: Erick Thohir Bangga Indonesia Ekspor Pertanian ke 27 Negara

"Kedua, kita ada pembicaraan dengan perguruan tinggi-perguruan tinggi seluruh Indonesia, khususnya untuk pertanian dan peternakan agar betul-betul kita persiapkan mereka kalau turun ke lapangan selesai insinyurnya akan berakses kepada kehidupan pertanian," tuturnya.

Syahrul Yasin Limpo menilai petani saat ini jangan dipandang sebelah mata. Kini, petani muda adalah profesi yang menjanjikan yang menghasilkan pendapatan menggiurkan dan akan terus didorong oleh Kementan. Artinya, stereotipe bahwa menjadi petani tidak akan kaya terbantahkan.

"Itulah yang kita dorong," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini