Share

Holding Hotel BUMN Ditargetkan Rampung Mei, Wika Realty IPO di 2023

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 14 April 2021 20:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 14 320 2394772 holding-hotel-bumn-ditargetkan-rampung-mei-wika-realty-ipo-di-2023-GqZKW21Wc7.jpg Holding Hotel BUMN (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) menargetkan pembentukan holding hotel Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bisa terbentuk pada tahun ini. Holding Hotel BUMN sendiri direncanakan akan dibagi kepada dua bagian .

Pertama adalah holding hotel BUMN kepemilikan atau ownership yang akan dipegang oleh Wika Reality dan holding BUMN operatorship yang dipegang oleh Hotel Indonesia Natour (HIN).

Direktur Utama Wika Agung Budi Waskito mengatakan, saat ini pihaknya sedang dalam tahap persiapan untuk menuju Holding Hotel BUMN. Diharapkan pada Mei sudah bisa launching 100% holding hotel BUMN yang berada di bawah Wika Reality.

“Jadi nanti Wika Realty setelah holding hotel, jadi holding hotel sampai dengan saat ini sedang kita sedang tahap pembentukan SPV di masing-masing, dan kita harapkan bulan Mei, kita sudah mulai selesai launching 100% holding hotel di Wika Realty,” ujarnya dalam acara Webinar, Rabu (14/4/2021).

Baca Juga: Erick Thohir Tetapkan Wika Realty Jadi Induk Holding Hotel BUMN

Hingga saat ini, sudah ada 22 hotel yang akan masuk ke hodling hotel BUMN. Dalam tahap awal holding diperkirakan total aset yang terkumpul mencapai Rp4,7 triliun.

“Tahap pertama ada 22 hotel kurang lebih Rp4,7 triliun,” ucapnya.

Setelah terbentuk, pihaknya akan melakukan renovasi pada hotel-hotel yang dimiliki oleh holding hotel BUMN. Renovasi dan upgrade hotel yang dilakukan ini diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 2 tahun.

Setelah rampung tadi diharapkan pandemi covid-19 sudah rampung. Sehingga holding hotel BUMN ini bisa segera mendapatkan pemasukan dari bisnis tersebut.

Sehingga dengan 2 tahun ini diharapkan pandemi sudah berakhir. Kemudian upgrade hotel sudah menjadi sangat baik sehingga di 2022 holding hotel ini akan menjadi, sudah menjadi, pendapatan yang cukup baik Wika Realty

“Sehingga dengan 2 tahun ini diharapkan pandemi sudah berakhir. Kemudian upgrade hotel sudah menjadi sangat baik sehingga di 2022 holding hotel ini akan menjadi, sudah menjadi, pendapatan yang cukup baik Wika Realty,” kata Agung.

Setelah pendapatan cukup baik, maka barulah memikirkan untuk rencana melantai di bursa saham atao Initial Public Offering (IPO). Ditargetkan Wika Reality bisa IPO di 2023.

“Sehingga kita akan merencanakan IPO di 2023,” ucap Agung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini