Waspada Pembobolan ATM, Berikut Tips Menghindarinya

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Jum'at 16 April 2021 04:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 15 320 2395304 waspada-pembobolan-atm-berikut-tips-menghindarinya-sLbPlDE1yz.jpg waspada skimmin. (foto: okezone.com/shutterstock)

JAKARTA - Masyarakat diingatkan untuk waspada dan meningkatkan kehati-hatian, apalagi pada Ramadhan dan Lebaran. Pasalnya, dikhawatirkan kejahatan pembobolan rekening meningkat.

Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Logistik OJK, Anto Prabowo menerangkan, cara kerja modus dari skimming ini yaitu pelaku menempelkan alat skimmer pada slot kartu ATM. Alat ini merekam data dari strip magnetik kartu, sehingga pelaku dapat menduplikasi kartu nasabah.

Berikutnya ada dua metode dalam melakukan skimming pada mesin Electronic Data Capture (EDC) yaitu pertama, dengan menyematkan alat skimmer khusus pada mesin EDC. Kedua, dengan metode yang lebih sulit untuk dilakukan yaitu wire tapping.

Guna terhindar dari tindak kejahatan seperti ini, jangan memberikan data atau informasi kartu kamu kepada orang lain. Kedua, ubah PIN secara berkala dan hindari menggunakan PIN dengan nomor atau huruf yang mudah ditebak. Jangan gunakan inisial, tanggal lahir, nomor telepon atau kombinasinya.

Ketiga, tutupi tangan ketika menekan nomor PIN di ATM maupun mesin EDC sehingga tidak bisa dilihat oleh orang lain. Keempat, memeriksa lembar slip transaksi, cocokkan laporan transaksi dengan transaksi yang kamu lakukan.

Baca Selengkapnya: Hati-Hati Pembobolan ATM, Simak Tips Aman Gesek Kartu

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini