Tak Lagi Jadi Menristek, Bambang Brodjonegoro Jadi Kepala Badan Otorita Ibu Kota Baru?

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 16 April 2021 18:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 16 320 2395972 tak-lagi-jadi-menristek-bambang-brodjonegoro-jadi-kepala-badan-otorita-ibu-kota-baru-1A1DPgDRN1.jpg Bambang Brodjonegoro Tak Lagi Jabat Menristek. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Bambang Brodjonegoro tak akan lagi menjadi Menteri Riset dan Teknologi (Menristek). Setelah Kementerian Riset dan Teknologi digabung di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Lantas kemanakah Bambang Brodjonegoro selanjutnya akan berlabuh? Apakah akan menjadi Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) yang baru?

Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagio mengatakan, keputusan apakah Bambang Brodjonegoro masuk kabinet lagi atau tidak tergantung Presiden Joko Widodo. Namun yang diketahuinya bahwa Bambang Brodjonegoro sudah mengajukan surat pengunduran kepada Presiden Joko Widodo.

Baca Juga: Reshuffle Kabinet, Siapa yang Cocok Jadi Menteri Investasi?

“Pak Bambang Brodjonegoro kan sudah mengajukan pengunduran diri tiga Minggu yang lalu dan sudah disetujui Presiden jadi ya sudah. Enggak tahu (bakal masuk pemerintahan lagi atau tidak) itu tanya Presiden,” ujarnya saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Jumat (16/4/2021).

Menurut Agus, penggabungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Kementerian Riset dan Teknologi bukan merupakan hal yang baru. Karena sebelum dipecah, Kementerian ini juga menjadi satu lembaga.

“Sama kan. Dulu kan pernah gabung juga.

Kalau itu dianggap lebih baik ya silahkan saja enggak ada masalah. Kalau Presiden dilebur jadi satu enggak masalah,” jelasnya.

Baca Juga: Reshuffle Kabinet, Siapa yang Cocok Jadi Menteri Investasi?

Peleburan ini menurut Agus dipastikan sudah melalui proses review. Berdasarkan hasil review, kemungkinan Kemenristek tidak terlalu berkontribusi sehingga tim review memilih untuk menggabungkannya dengan Kemendikbud.

“Justru itu mungkin pertimbangannya berdasarkan review yang dilakukan selama ini, ristek kan tidak banyak gunanya. Untuk apa mungkin sudahlah digabung saja. Kalau yang mereview lebih pas dimasukan ke Kemendikbud karena disitu banyak Profesor-profesor bisa saja. Itu bukan suatu keputusan yang aneh,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Pengamat Politik Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), Ujang Komarudin memerkirakan Bambang akan tergusur dari Menristek dan akan digeser menjadi Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara yang baru.

"Yang pasti tergeser kemungkinan Bambang Brojo. Bahkan dia sudah pamit. Kemungkinan Bambang Brojo akan digeser menjadi Kepala Otoritas Ibu Kota negara yang baru. Karena dulu dia diminta Jokowi untuk mengurus soal Ibu Kota baru ketika dia jadi menteri Bappenas," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini