Daftar 10 Universitas Pencetak Miliarder Terbanyak di Dunia

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Minggu 18 April 2021 19:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 16 455 2395820 daftar-10-universitas-pencetak-miliarder-terbanyak-di-dunia-eAAo3Evww1.jpg Universitas Pencetak Miliarder Terbanyak (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Tidak semua universitas Ivy League di AS melahirkan miliarder yang masuk daftar orang terkaya di dunia 2021 versi Forbes. Dari total 2.755 miliarder, ada berbagai lulusan dari universitas di seluruh dunia, mulai dari Universitas Al-Azhar di Mesir sampai Universitas Teknologi Zhejiang di Cina.

Bahkan ada ratusan di antaranya yang tidak kuliah sama sekali, atau dropout sebelum menerima ijazah. Termasuk sepasang dropout Harvard yang termasuk di antara lima orang terkaya di dunia: Bill Gates dan Mark Zuckerberg.

Berikut daftar 10 universitas atau perguruan tinggi di dunia dengan alumni sarjana miliarder terbanyak, dilansir dari Forbes, Minggu (18/4/2021).

Baca Juga: 10 Orang Terkaya Dunia Tinggal di California, Ada Bos Facebook dan Zoom 

1. Universitas Harvard

29 miliarder

Total kekayaan: USD 207 miliar

Dari 29 miliardernya, 17 berasal dari sektor industri keuangan dan investasi, termasuk tiga pendatang baru Cameron dan Tyler Winklevoss dan mantan CEO Goldman Sachs Lloyd Blankfein. Dua alumni sarjana terkaya Harvard berasal dari sektor lain. Kekayaan pemilik Los Angeles Clippers Steve Ballmer sebesar USD 68,7 miliar didapat selama dia di Microsoft, lalu bankir asal Brasil, Jorge Paulo Lemann, memiliki kekayaan USD 16,9 miliar.

2. Universitas Pennsylvania

 

28 miliarder

Total kekayaan: USD 284,8 miliar

Miliarder yang berasal dari universitas tersebut di antaranya mantan presiden Donald Trump dan Elon Musk. Dua miliarder baru universitas tahun ini adalah Lance Gokongwei, CEO konglomerat Filipina JG Summit, dan pemodal ventura Gary Lauder. Ada juga istri dari mendiang Steve Jobs, Laurene Powell Jobs.


3. Universitas Stanford

28 miliarder

Total kekayaan: USD 124,4 miliar

Stanford adalah almamater banyak miliarder baru tahun ini, seperti para pendiri Carvana, DoorDash, Nubank, Robinhood, dan Zillow. Lulusan Stanford lainnya, salah satu pendiri Yahoo, Jerry Yang, terpilih untuk memimpin dewan pengawas universitas.

4. Universitas Yale

21 miliarder

Total kekayaan: USD 140,8 miliar

Alumni sarjana Yale termasuk John, Valerie, dan Victoria Mars, serta ahli waris minyak Lee, Edward, Robert, dan Sid Bass. Miliarder terkenal lainnya yang lulus dari perguruan tinggi New Haven, Connecticut termasuk salah satu pendiri Alibaba dan pemilik Brooklyn Nets Joe Tsai dan Stephen Schwarzman, CEO perusahaan investasi Blackstone.

5. Universitas Mumbai

20 miliarder

Total kekayaan: USD 162,8 miliar

Universitas Mumbai adalah satu-satunya institusi non-AS yang masuk sepuluh besar. Semua kecuali empat alumni miliardernya mewarisi kekayaan mereka, termasuk miliarder terkaya di Asia Mukesh Ambani, yang menjalankan Reliance Industries menempati peringkat No. 10 pada daftar 2021. Alumni Mumbai terkaya berikutnya, Uday Kotak, mendirikan dan menjalankan salah satu bank sektor swasta terbesar di India.

6. Universitas Cornell

18 miliarder

Total kekayaan: USD 65,1 miliar

Alumni miliarder Cornell beragam termasuk mantan kepala Citigroup Sandy Weill, raksasa ekuitas swasta Robert F. Smith, dan pengusaha perangkat lunak David Duffield. Ada juga Chuck Feeney, mantan miliarder yang memberikan seluruh kekayaannya yang sebesar $ 8 miliar, termasuk hampir $ 1 miliar sebagai hadiah kepada almamaternya.

7. University of Southern California

15 miliarder

Total kekayaan: USD 58,5 miliar

Miliarder universitas Los Angeles termasuk dua filmmaker yang lulus dari School of Cinematic Arts: pencipta Star Wars George Lucas dan sutradara Brazil Walter Salles, pewaris salah satu keluarga bank tertua di negara asalnya. Alumni USC terkaya adalah Marc Benioff, CEO dari raksasa cloud Salesforce, dengan kekayaan USD 8,4 miliar.

8. Massachusetts Institute of Technology

14 miliarder

Total kekayaan: USD 104 miliar

Separuh dari miliarder MIT mewarisi kekayaan mereka, termasuk Charles dan David Koch mengembangkan Koch Industries, konglomerat minyak dan batu bara yang mereka warisi dari ayah mereka Fred Koch. Miliarder lain termasuk matematikawan Jim Simons, yang kekayaan $ 24,6 miliar berasal dari hedge fund pendiri Renaissance Technologies, serta salah satu pendiri dan CEO Dropbox, Drew Houston.


9. Universitas Princeton

11 miliarder

Total kekayaan: USD 288,4 miliar

Princeton melengkapi dominasi sepuluh besar Ivy League. Meskipun memiliki 18 alumni miliarder lebih sedikit daripada Harvard, kekayaan bersih gabungan $ 288,4 miliar dari lulusan Princeton lebih besar dari universitas lain mana pun. Dua orang terkaya di Princeton adalah pendiri Amazon Jeff Bezos dan mantan istrinya MacKenzie Scott.

Bezos dan Scott memiliki total kekayaan $ 230 miliar, merupakan 80% dari total kekayaan alumni miliarder Princeton. Miliarder lain yang lulus dari Princeton termasuk pewaris ritel Gap John, Robert dan William Fisher, dan mantan CEO Google Eric Schmidt.

 

10. Universitas California, Berkeley

11 miliarder

Total kekayaan: USD 82,6 miliar

Universitas ini memperoleh dua miliarder baru sehubungan dengan pandemi Covid-19. Professor Biologi Harvard Timothy Springer, seperti alumni Cornell Robert Langer, menjadi kaya berkat sahamnya di pembuat vaksin Moderna. Lalu ada CEO DoorDash Tony Xu. Seperti Springer dan Xu, sebagian besar miliarder Berkeley mengumpulkan kekayaan mereka dari teknologi dan bioteknologi, termasuk bankir Masayoshi Son, yang memiliki kekayaan $ 45,4 miliar, dan salah satu pendiri Intel, Gordon Moore, senilai $ 12,1 miliar.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini