Sri Mulyani Sebut Perempuan Pandai Berinvetasi, Banyak Jadi Investor ORI

Rina Anggraeni, Jurnalis · Rabu 21 April 2021 14:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 21 320 2398404 sri-mulyani-sebut-perempuan-pandai-berinvetasi-banyak-jadi-investor-ori-DgNCwS7IWi.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menilai perempuan memiliki kemampuan dan ketertarikan dalam berinvestasi. Hal ini ditunjukan dari hasil penerbitan surat berharga pemerintah yang didominasi perempuan.

"Perempuan juga dikenal memiliki kecerdasan di dalam berinvestasi. Hal ini terlihat bahwa dalam instrumen ritel di Indonesia yang diterbitkan oleh pemerintah," kata dia dalam video virtual, Rabu (21/4/2021).

Baca Juga: Belanja Warga +62 Melonjak, Airlangga: Sukses PPKM Mikro Dorong Optimisme & Daya Beli Masyarakat

Kata dia, investor perempuan yang berpartipasi mencapai 55,8% para obligasi ritel seri ORI017. Jumlah partispasi investor perempuan ini meningkat saat penerbitan ORI018 yaitu mencapai 57,82% dan 58,25% pada sukuk ritel seri SR014.

"Ini menggambarkan bahwa literasi dan kapasitas perempuan untuk berpikir cerdas bagaimana mengamankan dana untuk keluarganya dan menginvestasikan di bidang hal-hal yang produktif sangat-sangat potensial dan sangat nyata," bebernya.

Baca Juga: PPKM Mikro Diperpanjang & Diperluas, Airlangga: Pandemi Terkendali, Pemulihan Ekonomi Segera Tercapai

Dia menambahkan, dimensi perempuan dan dimensi dukungan pada kelompok yang paling vulnarabel atau paling rentan itu penting karena ini adalah menyangkut aspek keadilan. Apabila berbicara tentang ekonomi islam yang berbasis syariah, maka nilai utama dari islam adalah mewujudkan keadilan menjaga keadilan mempraktekkan keadilan.

"Oleh karena itu di dalam kita mendesain kebijakan pemulihan ekonomi dengan landasan berpikir dan dengan pendekatan di mana aspek keadilan menjadi penting maka kita telah menjalankan nilai-nilai keislaman di dalam desain kebijakan pemulihan ekonomi," jelasnya

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini