Erick Thohir: Covid-19 Bangunkan RI dari Tidur

Ferdi Rantung, Jurnalis · Kamis 22 April 2021 19:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 22 320 2399224 erick-thohir-covid-19-bangunkan-ri-dari-tidur-SgCnNyIwNU.jpg Erick Thohir (Foto: KBUMN)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan bahwa implementasi teknologi industri 4.0 sangat penting di era pandemi covid-19 saat ini. Menurutnya, penerapan teknologi itu dapat meningkatkan efektivitas kinerja dari BUMN.

"Kita lihat bahwa teknologi adalah, sebuah realitas yang terjadi pada saat ini. Dan alhamdulilah dengan pandemi covid-19 kita dibangunkan dari tidur bahwa percepatan dari teknologi dan digitalisasi dan inovasi harus terjadi di indonesia," kata Erick usai melakukan penandatangan MoU dengan Kementerian Perindustrian pelaksanaan asesmen Indonesia Industry 4.0 Readiness Index (INDI 4.0). Kamis (22/4/2021)

Baca Juga: Erick Thohir Gandeng Kemenperin Percepat Industri 4.0 di BUMN 

Dia mengatakan bahwa Inisiasi Indonesia Making 4.0 yang dilakukan Kemenperin adalah suatu inisiasi yang luar biasa.Ia mengharapkan MoU ini bisa memacu BUMN sehingga dapat bersaing dan melakukan percepatan pada operasional di masing - masing BUMN.

"Karena itu kita lanjuti Inisiasi dengan sinergitas. Indi 4.0 adalah program yang saya rasa sangat penting dan sesuai dengan program yang baru saja diluncurkan di KBUMN yairu transformasi daripada BUMN secara menyeluruh," ujarnya.

Erick menambahkan bahwa saat ini sudah sebanyak 17 dari total 107 perusahaan BUMN telah melakukan asesmen INDI 4.0 pada tahun 2019 dan tahun 2020, di antaranya PT Pupuk Kalimantan Timur dan PT Pegadaian (Persero).

"Dari laporan yang saya dapatkan itu baru 17 BUMN. Saya berharap setiap bulan kita bisa review bersama jumlah bertambah secara signifikan. Karena kita mau tadi Indonesia bangun dari tidur. Nanti kita akan push lagi supaya mereka bisa masuk. Kita targetkan dalam satu tahun ini kalau bisa semua sudah bisa masuk dalam asesmen ini," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini