Kasus Covid Tinggi, Menhub: Penerbangan Penumpang dari India Tak Diizinkan

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 23 April 2021 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 23 320 2399694 kasus-covid-tinggi-menhub-penerbangan-penumpang-dari-india-tak-diizinkan-Yc6EeVVDKC.jpg Penerbangan Dari dan Menuju India Dihentikan Sementara. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan melakukan pengetatan penerbangan dari dan menuju India. Langkah ini menyusul ramainya warga India yang datang ke Indonesia meskipun kasus Covid-19 di Negeri Bollywood tersebut sedang tinggi-tingginya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pengetatan yang dilakukan adalah dengan tidak diizinkannya penerbangan reguler untuk terbang dari India ke Indonesia. Hal ini juga sesuai dengan Surat Edaran dari Direktur Jenderal Imigrasi (Dirjen Imigrasi).

Baca Juga: Jika Vaksinasi Lambat, Industri Penerbangan Baru Akan Rebound di 2025

"Saya pikir jelas apa yang disampaikan oleh pak Dirjen Imigrasi bahwa semua ini akan tidak diberikan. Oleh karenanya secara otomatis semua penerbangan penumpang tidak diizinkan pengetatanya didasarkan SE Dirjen Imigrasi," ujarnya dalam acara konferensi pers virtual, Jumat (23/8/2021).

Meskipun penerbangan reguler untuk penumpang dilarang, namun untuk pengiriman logistik tetap diizinkan. Sebab menurutnya, RI masih sangat membutuhkan logistik dari India termasuk juga dalam pengiriman vaksin.

Baca Juga: Protokol Kesehatan Maskapai Jadi Penilaian Penting Menggaet Penumpang

Akan tetapi, pengiriman logistik juga tidak akan dilakukan dengan sembarangan. Karena pihaknya tetap akan menerima kargo dari India dengan selektif.

"Namun demikian kita membutuhkan suatu pergerakan logistik. Kita membutuhkan logistik dari dan ke India seperti kegiatan droping oksigen atau sebaliknya vaksin dan itu kita lakukan secara selektif.

Langkah ini dilakukan agar tidak terjadi penularan virus Covid-19 yang datang dari turis asing khususnya India. Apalagi, pemerintah saat ini sudah berada di jalur yang benar untuk menekan dan mengurangi angka penyebaran virus covid-19 dengan berbagai kebijakan.

"Seperti yang disampaikan oleh bapak Menko dan Menkes kecenderungan yang sudah kita capai adalah baik dan saya didampingi oleh Dirjen Udara yang akan tetap mengawal kegiatan di sektor penerbangan. Kalau melihat kita sudah baik dan ada kecenderungan di India naik signifikan," jelas Menhub.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini