Share

Erick Thohir dan Anies Baswedan Punya Mimpi yang Sama, Apa Itu?

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Rabu 28 April 2021 20:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 28 320 2402419 erick-thohir-dan-anies-baswedan-punya-mimpi-yang-sama-apa-itu-MpRvgfbYbg.jpg Erick Thohir (Foto: KBUMN)

JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan mimpi besar Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta soal revitalisasi Sunda Kelapa. Targetnya, kawasan pesisir Jakarta itu bisa menjadi lokasi berlabuhnya kapal-kapal pesiar.

"Kita punya mimpi bersama dengan Pak Gubernur (Anies Baswedan) bagaimana Sunda Kelapa bisa kembali bersandar Kapal Cruise (pesiar) yang bisa representatif seperti yang kami sedang bangun di Bali ataupun Labuan Bajo," ujar Erick, Rabu (28/4/2021).

Kementerian BUMN melalui badan usaha memang menjadi fasilitator dan kontraktor sejumlah Proyek Strategi Nasional (PSN). Misalnya proyek pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus di Bali dan Labuan Bajo. Erick menyebut, jika pembangunan daerah lain bisa dilakukan, maka Jakarta pun akan menjadi daerah yang diprioritaskan pemerintah pusat.

"Kalau kita bangun di Bali dan Labuan Bajo, kenapa Jakarta tidak. Karena itu fasilitas pendukungnya juga harus dilakukan. Saya, Pak Gubernur, dan seluruh Kementerian mendukung ide ini (revitalisasi Sunda Kelapa dan Kota Tua)," kata dia.

Baca Juga: Erick Thohir Ajak Anies Baswedan Bangun Wisata Kota Tua dan Sunda Kelapa 

Kementerian BUMN melalui PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) masuk dalam Joint Venture (JV). Joint Venture ini terdiri dari Experience Board atau PT Jakarta Tourisindo (JXB) dan PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ).

Kolaborasi tiga entitas ditandai dengan penandatanganan dokumen Perjanjian Pokok atau Head of Agreement (HoA). Langkah tersebut sekaligus bertujuan membangkitkan kawasan Kota Tua-Sunda Kelapa menjadi destinasi wisata kelas dunia.

Pembentukan JV sebagai pengelola kawasan juga diharapkan menjadi angin segar bagi percepatan perkembangan kawasan Kota Tua - Sunda Kelapa sebagai destinasi wisata yang ramah pejalan kaki

Kementerian BUMN dan ITDC sendiri sudah melakukan beberapa kali pertemuan untuk keterlibatannya di dalam proyek tersebut. Erick menyebut, usai penandatanganan dokumen HoA, diharapkan mimpi bersama bisa terwujud.

Alhamdulillah kita juga sudah melakukan beberapa kali rapat dengan ITDC, tinggal nanti bagaimana dukungannya supaya mimpi ini menjadi kenyataan tidak hanya wawasan-wawasan yang hanya dikenang di kemudian hari. Insyaallah kita dukung penuh Pak Gubernur," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini