5 Fakta IPO Monde Nissin yang Bikin Betty Jadi Miliarder

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Sabtu 01 Mei 2021 06:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 30 278 2403448 5-fakta-ipo-monde-nissin-yang-bikin-betty-jadi-miliarder-0QbWoPD1a7.jpg IPO Monde Nissin. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA – Perusahaan asal Filipina Monde Nissin Corp telah berusia empat dekade. Akhirnya pun memutuskan untuk IPO.

Implikasinya adalah pemilik perusahaan ini yaitu Betty Ang menjadi seorang miliarder. Kekayaan Betty Ang melonjak tinggi menjadi USD1,1 miliar atau setara Rp15,9 triliun (mengacu kurs Rp14.495 per USD).

Okezone telah merangkum beberapa fakta mengenai IPO Monde Nissin Corp, Sabtu (1/5/2021).

1. Monde Nissin Raup USD1,3 Miliar, Jadi IPO Terbesar di Filipina

Dilansir dari Forbes, Selasa (28/4/2021), dalam IPO Monde Nissin menargetkan untuk mengumpulkan 63 miliar peso (USD1,3 miliar) melalui penjualan 3,6 miliar saham biasa dengan harga maksimum 17,50 peso per lembar saham, akan menjadi IPO terbesar yang pernah ada di negara itu. Penawaran ini datang dengan opsi keseluruhan hingga 540 juta saham.

2. Perusahaan Meraup Penjualan Bersih USD1,4 Miliar Tahun Lalu

Perusahaan berusia empat dekade meraup penjualan bersih USD1,4 miliar tahun lalu dikenal dengan merek seperti Lucky Me! Mie instan dan kerupuk Sky Flakes.

Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan ini merambah produk-produk bernilai lebih tinggi dengan akuisisi USD831 juta dari pengganti daging Inggris Quorn pada tahun 2015.

3. Monde Nissin akan Tingkatkan Kapasitas Produk dengan Hasil IPO-nya

Perusahaan, yang mengekspor produknya ke lebih dari 50 negara itu berencana menggunakan dana hasil IPO-nya untuk meningkatkan kapasitas produksinya terutama dalam substitusi daging di tengah meningkatnya permintaan produk dari konsumen yang sadar kesehatan. Sahamnya dijadwalkan mulai diperdagangkan 7 Juni di bursa Filipina.

4. Nilai Perusahaan Betty Ang Jadi USD6,4 Miliar Berkat IPO

IPO membuat nilai perusahaan yang didirikan Betty pada 1980 menjadi USD6,4 miliar. Berdasarkan propektus penjualan saham, Betty yang juga presiden Monde Nissin, adalah pemegang saham terbesar kedua.

5. Pemegang Saham Monde Nissin Terbesar adalah Bos Khong Guan

Suami Betty Ang tak lain adalah Hoediono Kweefanus yang merupakan orang Indonesia. Pria 69 dan keluarga besarnya secara kolektif adalah pemegang saham terbesar di Monde Nissin, prospektus menunjukkan. Keluarga tersebut juga memiliki pabrik Biskuit Khong Guan di Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini