Ternyata, Bukan Pemerintah tapi E-Commerce Tanggung Ongkir saat Harbolnas Ramadhan

Hafid Fuad, Jurnalis · Jum'at 30 April 2021 20:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 30 320 2403734 ternyata-bukan-pemerintah-tapi-e-commerce-tanggung-ongkir-saat-harbolnas-ramadhan-WkPst8HW0R.jpg Belanja Online (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) buka-bukaan soal gratis ongkos kirim yang dikabarkan akan ditanggung pemerintah saat Lebaran, Rencananya saat Lebaran akan digelar Hari Bangga Buatan Indonesia 2021.

"Jadi, perlu diluruskan berita yang beredar bahwa pemerintah yang akan menanggung ongkos kirim. Ongkos kirim akan sepenuhnya menjadi tanggung jawab platform e-commerce yang mengikuti acara ini,” ujar Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), Bima Laga di Jakarta, Jumat (30/4/2021).

Baca Juga: Harbolnas Ramadhan Gratis Ongkir, Sri Mulyani: Biar Orang Belanja 

Dia menjelaskan bentuk dukungan pemerintah diwujudkan dengan menyiapkan segala bentuk edukasi dan sosialisasi Program Hari BBI 2021 di berbagai media komunikasi yang ada.

"Promo gratis ongkos kirim akan sepenuhnya ditanggung platform peserta Hari BBI 2021. Sementara pemerintah mendukung program ini melalui sosialisasi, edukasi ke masyarakat melalui berbagai kanal promosi yang sudah disepakati," katanya.

Bima melanjutkan, Hari BBI 2021 akan digelar pada 5 hingga 13 Mei 2021 dan saat ini sudah terdaftar 70 platform peserta. Meski mengusung promo Gratis Ongkos Kirim, Hari BBI 2021 juga memfasilitasi platform e-commerce yang memberikan promo potongan harga atau cash back.

“Intinya, kami berharap program ini akan bisa membantu konsumen dalam memenuhi kebutuhannya selama Ramadan dan jelang Idul Fitri mendatang," ujarnya.

Dia menambahkan pihaknya bersama para member dan pelaku industri e-commerce menggelar Hari BBI 2021. Acara ini akan mengutamakan program Gratis Ongkos Kirim untuk transaksi di platform peserta yang nantinya bisa dilihat di laman www.banggabuatanindonesia.co.id.

Hari BBI 2021 mendapat dukungan penuh dari Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini