Sisa BLT Subsidi Gaji Belum Cair, Pekerja: Apa Salah Saya?

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Sabtu 01 Mei 2021 19:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 01 320 2403964 sisa-blt-subsidi-gaji-belum-cair-pekerja-apa-salah-saya-ytq4GxfY5D.jpeg Uang Rupiah. Foto: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA – Penantian para pekerja terhadap pencairan sisa dana Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau BLT subsidi gaji masih berlangsung hingga kini. Bantuan senilai Rp2,4 juta tersebut belum kunjung dicairkan kepada pekerja dengan upah di bawah 5 juta.

Banyak pekerja yang mengeluhkan perihal kejelasan mengenai pencairan BLT subsidi gaji tersebut. Berikut beberapa di antaranya keluhan pekerja yang dikutip dari Instagram @kemnaker, Sabtu (1/5/2021).

Baca Juga: Hari Buruh, Menaker Singgung BLT Subsidi Gaji

Pekerja mendesak untuk Kemnaker segera memberi kejelasan mengenai pencairan bantuan, karena ratusan orang masih berharap. Beberapa di antaranya bingung karena belum dapat padahal sudah sesuai persyaratan.

“Setidaknya beri kejelasan kepada penerima BSU yg tertunda, jgn digantung gini. Ratusan orang sedang berharap. sudah 4 bulan loh. anda melihat komentar ini, tapi anda pura2 tidak tau, masih punya hati kah?” ujar akun @jannysrg.

Baca Juga: Usai THR, Pekerja Berpeluang Dapat BLT Subsidi Gaji

“Kami yang dizolimi lewat bsu, hak tidak didapatkan padahal semua data valid, di profil kemnaker sdh ada pemberitahuan disuruh menunggu tapi infonya tiba2 menghilang. Coba diberi penjelasan dong ibu @idafauziyahnu kalau memang tidak ada lanjutan lg jd kami ini tidak berharap, Krn ibu bilang selama data valid akan ada penyaluran di awal tahun tp sdh April tdk ada kejelasan, di stop pun tidak ada pemberitahuan,” tulis akun @fitriasari.1984.

“Ibu menteri yang terhormat, kenapa BSU gelombang 1 dan gelombang 2 saya tidak cair padahal saya peserta aktif Jamsostek BPJS dari tahun 2002, apa kesalahan saya tolong di jawab ??? terimakasih sebelumnya,” kata akun @msadinugrah.

Banyak dari para pekerja yang belum mendapat dan berdoa supaya BSU cepat dicairkan, karena melihat rekan-rekan kerja mereka yang sudah dapat sedangkan dirinya belum.

“Gimana ni nasib belum dapet bsu dari termin 1 dan 2 . Gigit jari saat semua teman kerja pada dapet,” ujar akun @dede_rochman92

“Berdoa saja semoga BLT/BSU di cairkan lagi seperti Tahun kemarin, dan semoga yang belum dapat bisa rasakan apa yang kita inginkan, Semoga ibu @idafauziyahnu yang terhormat bisa membantu kami. Amin,” tulis akun @yudhaa__01.

“Ibu menteri tolong dijawab bu menteri bsu gel.1 dan 2 apakah tidak bisa dicairkan bagi yang belum dapat. Dimana letak keadilan,” keluh akun @butarbutardevina6.

Kabar terakhir, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengatakan akan segera mengajukan dana sisa Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau BLT subsidi gaji 2020 ke Kementerian Keuangan. Hal tersebut dikarenakan tahapan rekonsiliasi data penyaluran bantuan bersama dengan Bank Penyalur telah selesai.

"Realisasi penyaluran BSU hasil rekonsiliasi sebesar 98,89%. Alhamdulillah hasil rekonsiliasi ini dapat dicapai berkat dorongan, dukungan, dan bimbingan tim BPK RI selama proses pemeriksaan laporan keuangan Kemnaker," kata Direktur Kelembagaan Kerja sama Hubungan Industrial (KKHI) Kemnaker, Aswansyah.

Diperkirakan, penyaluran BLT subsidi gaji sebesar Rp2,4 juta kepada pekerja akan dilaksanakan setelah Lebaran, mulai dari Juni atau Juli 2021.

"Nanti setelah Lebaran atau Juni atau Juli. Yang penting intinya kita udah berusaha untuk memperjuangkan mereka yang belum dapat, harus klir dulu datanya," kata Aswansyah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini