PTDI Produksi 9 Pesawat Generasi Terbaru TNI AU

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Senin 03 Mei 2021 20:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 03 320 2405012 ptdi-produksi-9-pesawat-generasi-terbaru-tni-au-Brgt5VnTeh.jpg PTDI Produksi Pesawat untuk TNI AU. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - PT Dirgantara Indonesia (Persero) atau PTDI segera memfinalisasi produksi sembilan pesawat multiguna jenis angkut ringan, Cassa NC-212i-400. Pesawat tersebut digadang-gadang akan memperkuat skadron udara atau sejumlah kapal terbang IV Malang, Jawa Timur.

Usai diproduksi, perseroan akan mendatangkan kesembilan pesawat Cassa NC-212i-400 itu secara bertahap. Karena itu, TNI Angkatan Udara (AU) berharap, pesawat baru tersebut dapat meningkatkan kesiapan operasi satuan,sekaligus meningkatkan semangat dan motivasi seluruh personel dalam melaksanakan tugasnya.

Baca Juga: Pesawat N219 Sudah Tuntas dan Siap Uji, Awal Kebangkitan Industri Dirgantara Indonesia

"Khususnya bagi para penerbang diharapkan kesiapannya dalam mengawaki alutsista baru tersebut," ujar Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dikutip melalui laman resmi Kementerian BUMN, Senin (3/5/2021).

Fadjar juga mengungkapkan dalam beberapa tahun ke depan, unit yang lain segera selesai pengerjaannya sampai dengan total sembilan pesawat. Sehingga akan menambah kesiapan operasi.

Baca Juga: PTDI Ekspor Pesawat Rp354 Miliar ke Senegal, Intip Kecanggihannya

"Oleh karena itu saya meminta kepada para penerbang harus siap mengawaki, merawat, dan mengoperasikannya," katanya.

Fadjar sendiri sudah sempat melihat secara langsung kokpit pesawat dan menerima penjelasan lengkap perihal Cassa NC-212i-400 dari Danskadron Udara 4 Letkol Pnb M. Arif.

Pesawat Cassa NC-212i-400 itu merupakan pesawat angkut ringan multiguna generasi terbaru. Pesawat ini memiliki kabin yang luas di kelasnya. Serta sistem navigasi dan komunikasi yang lebih modern. Pesawat NC-212i-400 dapat digunakan untuk operasi hujan buatan dan foto udara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini