Kejar Ekonomi Tumbuh, Jokowi Minta APBD Rp182 Triliun di Maret Segera Dibelanjakan

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Rabu 05 Mei 2021 05:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 04 320 2405547 kejar-ekonomi-tumbuh-jokowi-minta-apbd-rp182-triliun-di-maret-segera-dibelanjakan-JYVMWgxmAn.jpg Presiden Jokowi (Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan masih adanya anggaran pemerintah daerah (pemda) yang belum dibelanjakan hingga akhir Maret 2021. Dia menyampaikan hal tersebut saat pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Tahun 2021.

"Kemarin saya diingatkan di akhir Maret 2021 di perbankan masih ada uang APBD provinsi, kabupaten, dan kota, sebesar Rp182 triliun yang seharusnya itu segera dibelanjakan untuk memperbesar sisi permintaan, sisi konsumsi," ujar Presiden Jokowi.

Selanjutnya, Jokowi mengatakan tahun depan masih akan mengusung pemulihan ekonomi dan reformasi struktural untuk pengendalian Covid-19. Dia meminta penerapan reformasi struktural besar-besaran yang sudah dimulai dengan penetapan UU Cipta kerja.

Pertumbuhan ekonomi juga diminta untuk bersifat inklusif dan menjadi bagian penting bagi penyelesaian masalah-masalah di Sustainable Development Goals (SDGs).

"Pertumbuhan ekonomi harus menjadi mesin bagi pemerataan pembangunan dan keadilan ekonomi baik antar daerah maupun antar-desa dan kota. Pertumbuhan ekonomi harus meningkatkan kelas UMKM kita dan dapat semakin bersaing dengan produk-produk negara lain," tegas Presiden Jokowi.

Baca selengkapnya: Tagih Rp182 Triliun, Jokowi: Itu Seharusnya Dibelanjakan

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini