Turun hingga 90%, Pergerakan Penumpang di Pelabuhan Merak-Bakauheni Terkendali

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 10 Mei 2021 07:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 10 320 2408206 turun-hingga-90-pergerakan-penumpang-di-pelabuhan-merak-bakauheni-terkendali-lPxT4sCOmV.jpg Pelabuhan Merak (Okezone)

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menjelaskan, pergerakan penumpang di Pelabuhan Penyeberangan Merak maupun Bakauheni sangat terkendali. Tercatat hingga hari keempat masa peniadaan mudik, jumlah penumpang mengalami penurunan antara 80%-90%.

Kemudian, Menhub juga mengapresiasi petugas yang telah melakukan penyekatan yang berlapis.

 Baca juga: Anak Usaha Pertamina dan PGN Kerjasama Operasi Pelabuhan

"Jadi apabila masyarakat yang bersikeras mudik lolos di titik awal, maka akan ada penyekatan lagi di titik berikutnya. Sehingga dapat mengurangi potensi adanya celah," ujar dia dalam keterangan tertulisnya, Minggu (9/5/2021) kemarin.

Berdasarkan data, pada Sabtu, 8 Mei 2021 kemarin atau hari ketiga masa penidaan mudik, tercatat penumpang yang berangkat dari Pelabuhan Merak untuk kepentingan nonmudik hanya sebanyak 3.050 penumpang, dari 25-28 ribu penumpang perharinya di hari biasa.

 Baca juga: KBS Perkuat Hub Logistik Nasional Gateway Connectivity Ujung Barat Pulau Jawa dan Pulau Sumatera

Sebelumnya di hari keempat masa peniadaan mudik yang berlaku dari 6-17 Mei 2021, tercatat pergerakan kendaraan dan penumpang menurun signifikan. Sementara itu, angkutan logistik tetap berjalan stabil.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan sejumlah tinjauan ke beberapa titik yaitu, Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni dan Merak, serta Pos Penyekatan di Gerbang Tol Pejagan, Jawa Tengah.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini