Mudik Dilarang, Tol Laut Kecipratan Untung

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 12 Mei 2021 14:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 12 320 2409521 mudik-dilarang-tol-laut-kecipratan-untung-hMNfwvNOJL.jpg Tol Laut Meningkat saat Mudik Lebaran Dilarang. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Larangan mudik membuat jumlah penumpang transportasi mengalami penurunan drastis. Namun bagi sektor logistik, justru mengalami hal sebaliknya karena berhasil tumbuh di larangan mudik ini.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, walau terjadi penurunan jumlah penumpang yang cukup signifikan, namun pergerakan angkutan logistik termasuk program tol laut mengalami peningkatan. Misalnya saja dalam satu bulan terakhir yang mengalami peningkatan hingga 70%.

Baca Juga: KRL Tetap Beroperasi Saat Lebaran, Cek Jadwalnya di Sini

Peningkatan yang terjadi tidak hanya pada angkutan tol laut menuju Indonesia Timur saja. Akan tetapi, tingkat keterisian angkutan balik dari Indonesia timur menujj barat juga mengalami kenaikan.

“Tidak hanya angkutan tol laut menuju Indonesia Timur saja yang mengalami kenaikan, Menhub tingkat keterisian angkutan balik dari Indonesia Timur menuju Indonesia Barat yang selama ini belum optimal, mengalami kenaikan hingga 30%,” ujarnya dalam keteranganya, Rabu (12/5/2021).

Baca Juga: Menhub Waspadai Potensi Lonjakan Penumpang Arus Balik pada 16-17 Mei

Menhub menambahkan, kenaikan angkutan logistik melalui sektor laut juga terjadi untuk angkutan logistik internasional. Menhub menyebut angkutan logistik laut internasional naik 6% dibandingkan awal tahun 2020 atau sebelum pandemi covid-19.

Kinerja sektor logisitik pada larangan mudik akan terus didorong dan dioptimalkan. Mengingat angkutan logistik menjadi salah satu elemen penting untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

“Kita tahu bahwa angkutan logistik ini sangat penting untuk memberikan suatu ruang bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi lebih baik,” ucap Menhub.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini