Menhub Minta Tes Antigen di Pelabuhan Kaliadem Ditingkatkan

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 14 Mei 2021 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 14 320 2410138 menhub-minta-tes-antigen-di-pelabuhan-kaliadem-ditingkatkan-z3pV2v3BZ5.jpg Menhub Budi Karya Sumadi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Penyebrangan kapal dari Pelabuhan Kaliadem menuju Kepulauan Seribu masih beroperasi di tengah larangan mudik Lebaran. Pada hari ini atau hari kedua Lebaran, sekitar 1.768 penumpang nyebrang dari Pelabuhan Kaliadem menuju Kepulauan Seribu.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, jumlah penumpang pada akhir pekan besok diprediksi akan mengalami kenaikan. Oleh karena itu, dirinya meminta agar random check rapid tes antigen agar lebih masif lagi dilakukan.

Baca Juga: Anies Sebut Ada Aplikasi Khusus Ketua RT untuk Pantau Para Pemudik

“Untuk itu saya minta pengecekan random test dilakukan lebih masif dengan menambah jumlah alat tes rapid antigen dan petugasnya. Saya minta petugas kesehatan dari BKKP Ditjen Perhubungan Laut membantu pelaksanaan pengecekan rapid tes antigen yang dilakukan oleh Satgas dan Kepolisian,” ujarnya dalam keteranganya, Jumat (14/5/2021).

Selain itu, Menhub juga mengingatkan mengenai protokol kesehatan agar konsisten dilakukan. Misalnya dalam jumlah penumpang yang diperbolehkan hanya 50% saja dari total kapasitas maksimal kapal.

Baca Juga: Airlangga: Masyarakat yang Tidak Mudik adalah Pahlawan Penanganan Pandemi

“Tak bisa dibayangkan mereka gerak relatif pada di kapal itu harus dilakukan satu pengelolaan lebih baik,” ucapnya.

Bahkan, jika 50% terlalu padat dirinya meminta agar kapasitasnya bisa dikurangi lagi. Tak hanya itu, para petugas yang berjaga juga harus aktif untuk mengingatkan penumpang agar disiplin menjalankan protokol kesehatan.

“Saya juga meminta kapasitas maksimal kapal dikurangi lagi dari 50%, jika masih terlalu padat,” kata Menhub.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini