Turunkan Kemiskinan Ekstrem, Wapres Reformasi Perlindungan Sosial

Dita Angga R, Jurnalis · Rabu 19 Mei 2021 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 19 320 2412341 turunkan-kemiskinan-ekstrem-wapres-reformasi-perlindungan-sosial-EAP192uRrB.jpg Wapres Ma'ruf Amin. (Foto: Okezone.com/Setwapres)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin ingin melakukan reformasi perlindungan sosial. Tujuannya merealisasikan salah satu tugas yang diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), yakni pengentasan kemiskinan.

Dia mengatakan bahwa penurunan kemiskinan sejalan dengan tujuan sustainable development goals (SDGs).a: 

Baca Juga: Cara Kurangi Kemiskinan pada Masyarakat di Kawasan Perhutanan

“Sesuai arahan Presiden kita harus dapat menurunkan kemiskinan ekstrim sejalan dengan tujuan SDGs,” katanya saat halal bi halal virtual, Rabu (19/5/2021).

Untuk mencapai hal tersebut, Maruf menilai pentingnya reformasi perlindungan sosial. Hal ini untuk memastikan agar program tersebut menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Baca Juga: Turunkan Kemiskinan, Menko Airlangga Tebar 20.000 Ayam Petelur

“Untuk itu, reformasi perlindungan sosial agar mencakup seluruh lapisan masyarakat dan reformasi pemberdayaan rumah tangga dalam rangka meningkatkan produktivitas juga harus tuntas dilaksanakan,” ujarnya.

Dia menyebutkan ada beberapa syarat untuk mewujudkan reformasi perlindungan sosial. Salah satunya adalah data yang terpadu dan akurat.

“Prasyarat dalam melaksanakan reformasi ini adalah tersedianya data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) berbasis rumah tangga dan data terpadu UMKM yang dapat dimutakhirkan dengan secara cepat menggunakan metodologi yang terbaik,” ungkapnya.

“Pentingnya Data Terpadu UMKM mengingat banyaknya anggota rumah tangga miskin dan rentan yang bekerja untuk UMKM ataupun sebagai pemilik UMKM,” lanjutnya. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini