Vaksinasi Tak Jamin Bisa Pulihkan Industri Penerbangan

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 21 Mei 2021 17:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 21 320 2413650 vaksinasi-tak-jamin-bisa-pulihkan-industri-penerbangan-a5bI9mJrbi.jpg Vaksinasi Tak Jamin Pulihkan Industri Penerbangan. (Foto: Okezone.com/AP 2)

JAKARTA - Program vaksinasi telah dilakukan sejak awal tahun ini. Tapi tidak serta-merta pandemi Covid-19 hilang sepenuhnya.

Pandemi virus Covid-19 pun masih berpotensi bertambah. Oleh karena itu, semua masyarakat baik yang sudah vaksin harus tetap waspada dengan mematuhi protokol kesehatan.

Hal ini juga berpengaruh pada sektor penerbangan. Mengingat bisnis penerbangan erat kaitannya dengan pergerakan orang, artinya jika pandemi Covid-19 belum hilang maka sektor industri ini tidak akan cepat pulih.

Baca Juga: Industri Penerbangan Belum Pulih, Garuda Cs Bisa Babak Belur hingga 2024

“Walaupun kita sekarang sudah berjalan vaksinasi dan banyak orang semakin banyak yang melengkapi vaksinasi kita tetap waspada,” ucap Pengamat Penerbangan sekaligus Presiden Direktur Aviatory Indonesia Ziva Narendra Arifin saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Jumat (21/5/2021).

Seluruh masyarakat juga perlu tetap waspada dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Apalagi, kini sudah ditemukan strain virus Covid baru yang berasal dari luar negeri.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Tinggi, saatnya RI Perketat Penerbangan Internasional-Domestik

“Bukan berarti setelah vaksin seluruh warga negara Indonesia sudah divaksin kita tidak boleh lengah. Karena kita melihat ada risiko-risiko dan kemungkinan penyebaran masih ada dari dalam negeri maupun luar negeri,” jelasnya.

Oleh karena itu, pemerintah perlu segera mengambil sikap untuk mencegah strain virus covid-19 dari luar masuk ke Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan melakukan pengetatan lewat penutupan rute penerbangan internasional.

“Kembali bukan masalah kebijakan yang saya khawatirkan tapi masalah pelaksanaan dan penekanan kebijakan banyak yang tidak konsisten sehingga dalam setahun ini angka kita terus naik,” jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini