BPJS Kesehatan Buka Suara soal 279 Juta Data Penduduk Bocor

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Jum'at 21 Mei 2021 18:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 21 320 2413671 bpjs-kesehatan-buka-suara-soal-279-juta-data-penduduk-bocor-xLCIkrbRdt.jpg BPJS Kesehatan soal Kebocoran Data Penduduk. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) buka suara soal dugaan bocornya data kependudukan yang ramai dibahas di sosial media. Data itu mencakup kartu tanda penduduk (KTP), nomor telepon, email, nama, hingga alamat. Data tersebut diklaim diambil dari situs bpjs-kesehatan.go.id.

Menanggapi hal tersebut BPJS kesehatan memberikan empat poin penjelasan.

"Sehubungan dengan adanya informasi mengenai dugaan kebocoran data yang disebut-sebut melibatkan BPJS Kesehatan, bersama ini kami sampaikan penjelasan sebagai berikut,” tulis pernyataan BPJS Kesehatan, Jumat (21/5/2021).

Baca Juga: 279 Juta Data Penduduk Indonesia Bocor, Hipmi: Ini Sangat Genting

Terdapat empat poin yang diterangkan dalam holding statement BPJS Kesehatan.

1. Dalam informasi yang beredar, disebutkan bahwa ada 279 juta data peserta yang terindikasi bocor. Sementara, sampai dengan Mei 2021, jumlah peserta BPJS Kesehatan adalah 222,4 juta jiwa.

2. Saat ini kami sedang melakukan penelusuran lebih lanjut untuk memastikan apakah data tersebut berasal dari BPJS Kesehatan atau bukan. Kami sudah mengerahkan tim khusus untuk sesegera mungkin melacak dan menemukan sumbernya.

Baca Juga: Hasil Investigasi Kominfo soal 279 Juta Data Pribadi Penduduk yang Bocor

3. Perlu kami tegaskan bahwa BPJS Kesehatan konsisten memastikan keamanan data peserta BPJS Kesehatan dilindungi sebaik-baiknya. Dengan big data kompleks yang tersimpan di server kami, kami memiliki sistem pengamanan data yang ketat dan berlapis sebagai upaya menjamin kerahasiaan data tersebut, termasuk di dalamnya data peserta JKN-KIS.

4. Di samping itu, secara rutin kami juga melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memberikan perlindungan data yang lebih maksimal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini