Rumah Nyaman dan Aman Selama Covid-19, Begini Caranya

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Rabu 26 Mei 2021 20:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 25 470 2415240 rumah-nyaman-dan-aman-selama-covid-19-begini-caranya-vz2saBxOSn.jpg Tips Rumah Aman dan Nyaman dari Covid-19. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Sebagian besar orang menghabiskan lebih banyak waktu di rumah ketika pandemi Covid-19. Bahkan sampai saat ini, belum ada tanda-tanda pandemi akan berakhir.

Banyak orang kemudian harus melakukan isolasi mandiri untuk menekan laju penyebaran virus. Karena hal ini, para pemilik rumah mesti mempertimbangkan kembali dekorasi interior rumah agar lebih nyaman ditempati, tetapi juga mengevaluasi kembali keamanan rumah.

Untungnya, ada beberapa cara mudah untuk meningkatkan segalanya mulai dari kualitas udara hingga keamanan kebakaran di rumah. Berikut beberapa cara sederhana untuk membuat rumah lebih aman selama isolasi mandiri, dilansir dari Real Simple, Rabu (26/5/2021).

1. Uji Detektor Asap dan Karbon Monoksida

Kelilingi seluruh rumah, periksa baterai pada setiap detektor asap. Biasanya, yang diperlukan hanyalah menekan tombol "test" selama beberapa detik hingga alarm berbunyi. Dan jika tidak bereaksi, segera ganti baterainya.

Baca Juga: Daftar Warna Cat Paling Keren dan Banyak Dipilih

Periksa juga semua detektor karbon monoksida di rumah. Jika tidak punya detektor karbon monoksida di setiap lantai rumah, jangan khawatir, alat ini bisa dipesan secara online.

2. Jaga Dapur Aman dari Api

Karena orang lebih sering memasak di rumah, lakukan beberapa tindakan pencegahan terhadap kebakaran dapur. Pindahkan barang yang mudah terbakar, seperti lap piring atau sarung tangan oven, yang disimpan terlalu dekat dengan kompor.

Letakkan tutup panci tidak terlalu jauh saat memasak, jika membutuhkannya untuk memadamkan api. Ide cerdas lainnya yaitu dengan menyimpan alat pemadam api di dapur, terutama yang ditujukan untuk kebakaran minyak.

Baca Juga: 7 Inspirasi Desain Ruang Keluarga Minimalis

Jika ada api yang muncul di oven atau microwave, cara penanggulangannya adalah tutup pintu dan matikan atau cabut steker alat.

3. Periksa Outlet Elektronik

Dengan semua orang berada di rumah, outlet listrik di sekitar rumah sekarang mengisi daya beberapa ponsel, laptop, TV, dan Nintendo Switch sekaligus. Untuk mencegah kebakaran listrik, luangkan waktu untuk memeriksa setiap outlet untuk memastikannya tidak kelebihan beban.

Cari kabel pengisi daya yang berjumbai dan pastikan kabel dipasang di sepanjang dinding sehingga tidak menimbulkan bahaya tersandung.

4. Mencegah Tergelincir dan Terjatuh

Ketika tahu bahwa tidak ada orang yang datang ke rumah kita dalam waktu dekat, akan mudah untuk membiarkan kekacauan meningkat. Salah satu alasannya: mainan dan buku anak-anak yang berserakan di lantai dapat menyebabkan tersandung dan jatuh.

Sebelum tidur, luangkan waktu 15 hingga 20 menit untuk membersihkan lantai dan jalur umum di sekitar rumah.

5. Segera Tingkatkan Kualitas Udara

Jika memiliki humidifier, mungkin inilah saatnya untuk membersihkannya. Tanpa pembersihan rutin, humidifier bisa menyebarkan kuman dan jamur di udara.

Sebelum menyalakan AC, luangkan waktu untuk membersihkan debu di semua ventilasi udara dan mengganti filter. Dan ingatlah untuk menyalakan kipas angin atau ventilasi udara di dapur setiap kali memasak.

6. Simpan Produk Pembersih Dengan Aman

Ketika menimbun produk pembersih, pastikan untuk menyimpannya dengan aman, jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Jika saat ini disimpan di bawah wastafel, pertimbangkan untuk memindahkannya ke rak lemari atau lemari terkunci jika ada. Periksa kembali apakah setiap produk diberi label dengan jelas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini