Target Pertumbuhan Ekonomi 7%, Tito Minta Percepat Realisasi APBD

Dita Angga R, Jurnalis · Jum'at 28 Mei 2021 11:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 28 320 2416644 target-pertumbuhan-ekonomi-7-tito-minta-percepat-realisasi-apbd-s8LRjlpJRe.jpg Mendagri Tito Karnavian. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) diminta dipercepat. Hal ini untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi menjadi 7% pada kuartal II.

“Kita harapkan bisa meningkat, bahkan bisa terdongkrak di atas 7%, ini memerlukan kebersamaan realisasi belanja pemerintah pusat maupun daerah,” ujar, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, dikutip dari pers rilis Puspen Kemendagri, Jumat (28/5/2021).

Baca Juga: Sri Mulyani Sebut Belanja APBD Boros untuk Pegawai

Dia mengatakan, kondisi perekonomian diharapkan akan mulai pulih pada kuartal II tahun 2021. Hal ini seiring dengan penanganan kasus covid-19 yang sudah bisa ditekan dengan proses vaksinasi dan pembatasan aktivitas.

“Kita harapkan belanja pemerintah pusat atau daerah secara agregat, atau secara akumulatif, total, terutama di kuartal kedua ini dapat dipercepat realisasinya dalam rangka untuk memulihkan ekonomi kita,” ujarnya.

Baca Juga: 6 Fakta Belanja APBD Seret, Kepala Daerah Jangan Mau Dibodohi

Dia menyebut terdapat empat indikator pengendalian covid-19 yakni angka positivity rate, angka kematian, angka kesembuhan, dan keterisian tempat tidur atau bed occupancy ratio (BOR). Dia meminta empat indikator itu harus dimonitor dengan baik.

Tito juga terus mendorong agar pemerintah daerah mempercepat eksekusi pelaksanaan vaksinasi covid-19 yang menjadi bagian dari program nasional untuk mengendalikan pandemi.

“Kita harapkan (vaksinasi) untuk lansia segera selesai sehingga bisa dilanjutkan (ke) sektor-sektor lainnya, terutama yang rentan untuk penularan, seperti sektor transportasi, pasar ya, kemudian juga hotel, restoran, dan lain-lain,” pungkasnya. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini