Share

8 Fakta Gerai Giant Seluruh Indonesia Ditutup, Tangis Karyawan Pecah

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Sabtu 29 Mei 2021 06:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 28 320 2416740 8-fakta-gerai-giant-seluruh-indonesia-ditutup-tangis-karyawan-pecah-aISIiwAPOY.jpg Semua Giant Bakal Ditutup. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - PT Hero Supermarket Tbk atau Hero Group memutuskan untuk menutup seluruh gerai Giant di Indonesia di akhir Juli 2021 mendatang. Perusahaan akan fokus mengembangkan merek dagang IKEA, Guardian, dan Hero Supermarket, karena dinilai memiliki potensi pertumbuhan lebih tinggi dibandingkan Giant.

"Selain itu, PT Hero Supermarket Tbk. juga sedang mempertimbangkan untuk mengubah sejumlah gerai Giant menjadi gerai Hero Supermarket," kata Presiden Direktur PT Hero Supermarket Tbk (HERO) Patrik Lindvall melalui keterangannya, Selasa (25/5/2021).

Namun perlu diketahui, pada tahun 2018 PT Hero Supermarket Tbk sudah sempat menutup 26 gerainya. Sehingga, penutupan gerai di tahun 2021 ini bukan kali pertama.Info selengkapnya simak beberapa fakta mengenai penutupan gerai Giant berikut, dirangkum Okezone, Sabtu (29/5/2021).

1. Lima gerai Giant akan diubah jadi IKEA

Sebagai bagian dari fokus baru ini, PT Hero Supermarket Tbk. akan mengubah hingga lima gerai Giant menjadi IKEA, yang diharapkan dapat menambah aksesibilitas bagi pelanggan.

Baca Juga:ย Viral! Tangis Karyawan Giant Pecah saat Tutup Selamanya

โ€œDalam kurun waktu dua tahun, kami menargetkan akan menggandakan empat kali lipat jumlah gerai IKEA kami dibanding tahun 2020, serta membuka hingga 100 gerai Guardian baru hingga akhir tahun 2022,โ€ beber Patrik Lindvall.

2. Ambil ilmu bisnis dari tutupnya Giant

Tutupnya supermarket Giant adalah bukti fenomena yang disebut keruntuhan dari asset-heavy company. Asset heavy berarti perusahaan pengumpul aset fisik dan memiliki over head cost tinggi.

"Sebelum pandemi mereka sudah meradang 1,5 tahun ini. Selama 3 tahun terakhir ini kita menghadapi triple disruption sekaligus yaitu digital disruption, millennial disruption, dan yang paling berbahaya pandemic disruption. Ini membuat cashflow mereka tidak kuat untuk bangkit di masa pemulihan ekonomi ini sehingga terpaksa ditutup," ujar pengamat bisnis Yuswohady saat dihubungi Okezone, di Jakarta, Rabu (26/5/2021).

Baca Juga:ย 'Raksasa' Giant Tumbang, Cek 6 Fakta yang Harus Tutup Seluruh Gerai

3. Ini yang menjadi penyebab Giant gulung tikar

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja mengatakan, pandemi membuat pergerakan masyarakat dibatasi sehingga traffic pengunjung ke gerai dengan konsep hypermarket menjadi menurun. Selain itu pandemi juga membuat daya beli masyarakat melemah. Adanya pemutusan hubungan kerja dan potongan gaji membuat konsumsi rumah tangga menurun.

"Penyebab merosotnya kinerja sektor usaha dengan konsep hypermarket yakni masyarakat dibatasi mobilitasnya sehingga cenderung berbelanja di tempat yang terdekat dengan rumah yaitu seperti minimarket dan sejenisnya." Katanya kepada MNC Portal Indonesia, Rabu (26/5/2021).

4. Karyawan Giant akan dapat kompensasi

Head of Corporate and Consumer Affairs Hero Supermarket, Diky Risbianto menjelaskan, pihaknya akan memastikan setiap karyawan yang terdampak diberikan kompensasi di atas jumlah yang direkomendasikan pada UU Cipta Kerja.

"Ini merupakan ungkapan terima kasih kami atas dukungan mereka selama ini serta untuk membantu transisi mereka menuju kesempatan kerja yang baru," ujar Diky kepada MNC Portal Indonesia, Rabu (26/5/2021).

5. Belum ada informasi peralihan kepemilikan gerai Giant ke pihak ketiga

Menurut Head of Corporate and Consumer Affairs PT Hero Supermarket Tbk Diky Risbianto, pihaknya tidak bisa memberikan informasi terkait berapa banyak gerai yang ditutup. secara keseluruhan, Hero Supermarket kini mengoperasikan 395 gerai yang mencakup Giant, Hero Supermarket, Guardian dan IKEA. Diky pun belum memberikan informasi lebih lanjut terkait gerai Giant yang rencananya akan dibangun kembali sebagai IKEA.

"Kami belum dapat memberi tahu secara pasti di mana saja lokasi-lokasi tersebut karena kami proses transisi masih belum terfinalisasi, termasuk proses diskusi peralihan kepemilikan sejumlah gerai Giant kepada pihak ketiga," pungkasnya.

6. Terpaksa menganggur, begini curhatan karyawan Giant

Dalam situasi pandemi, salah satu pegawai Giant Bekasi mengungkapkan kesedihannya karena harus meninggalkan pekerjaannya selama ini. Ia berencana akan membuka usaha warung di rumah untuk penghasilan tambahannya.

"Paling saya buka warung di rumah setelah ini dan mencoba melamar di tempat lain," ungkap salah satu karyawan yang tidak mau disebut namanya.

Selain itu, ada karyawan yang mengekspresikan kesedihannya melalui video yang diunggah di Instagram. "Giant itu salah satu retail yang sangat amat memanusiakan manusia. Bahkan saat covid gaji masih full, THR masih full, dan bonus kita pun masih cair. Sedih sih sebenarnya, tapi hidup kita masih terus berjalan," kata salah satu karyawan Giant dalam video yang diunggah Instagram @insta.nyinyir, Selasa (25/5/2021).

7. Karyawan Giant bersedih, ini reaksi Menaker

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah pun memberikan tanggapannya terkait nasib 3.000 karyawan gerai Giant pasca penutupan gerai tersebut. "Banyak kasus yang kami dengar, ada beberapa perusahaan yang memang mengalami penurunan produksi, kami juga telah mendengar terkait kasus terakhir," ujar Ida saat ditemui usai nobar Tjoet Nyak Dien di XXI Plaza Senayan Jakarta, Kamis malam (27/5/2021).

Dia mengatakan, pihaknya terus bermediasi dengan pihak pekerja dan juga oleh pihak IPM Jamsos."Kami juga mengundang pihak manajemen perusahaan dan serikat-serikat pekerja untuk bermediasi bersama," pungkas Ida.

8. Jadwal penutupan gerai Giant seluruh Indonesia

Penutupan gerai Giant akan dilakukan secara bertahap, mulai dari 21-31 Juli 2021. Berikut jadwal penutupan gerai Giant di seluruh Indonesia, Rabu (26/5/2021).

21 Juli 2021

Giant Ekspres Bojonegoro

Giant Ekspres Malang Dinoyo

Giant Ekspres AR Hakim

Giant Ekspres Samarinda Mesra

Giant Ekspres Banjarmasin A Ya

Giant Ekspres Lok Tabat Banjar

Giant Ekspres Manukan Lontar

Giant Ekspres Bandung Suci

Giant Ekspres Malang Singosari

23 Juli 2021

Giant Ekspres Kedungsari

Giant Ekspres Kunta Central Par

Giant Ekspres Bandung Parahyan

Giant Ekspres MTRM Panji Tilar

Giant Ekspres BLP Kebun Sayur

Giant Ekspres Jember KH Sidiq

Giant Ekspres Palembang CTM

Giant Ekspres Surabaya Mulyosa

Giant Ekspres Cilegon City Squ

25 Juli 2021

Giant Ekspres Makasar

Giant Ekspres Rangkas Bitung

Giant Ekspres Tamalanrea Makas

Giant Ekspres Semarang Bukit B

Giant Ekspres Malang Plaza Ara

Giant Ekspres Yogya Condong Ca

Giant Ekspres Gresik Kota Baru

Giant Ekspres Blok M Plaza

Giant Ekspres Solo Palur Plaza

27 Juli 2021

Giant Ekspres Bintaro Jaya

Giant Ekspres Syafei Road Sera

Giant Ekspres Bogor Loji S.Bar

Giant Ekspres Cipinang

Giant Ekspres Cikarang Festival

Giant Ekspres Cilandak KKO

Giant Ekspres Bojongsari Sawan

Giant Ekspres Magelang Pakelan

Giant Ekspres APT MED Kemayoran

29 Juli 2021

Giant Ekspres Bintara

Giant Ekspres Pondok Kopi

Giant Ekspres Buaran

Giant Ekspres Graha Raya Binta

Giant Ekspres Jati Warna

Giant Ekspres Rempoa

Giant Ekspres Lebak Bulus

Giant Ekspres Taman Alpha

31 Juli 2021

Giant Ekstra CBD Bintaro

Giant Ekstra BSD Tangerang

Giant Ekstra Cimanggis

Giant Ekstra Pasar Kemis

Giant Ekstra Bekasi Harapan IN

Giant Ekstra Citra Raya

Giant Ekstra Paramount Serpong

Giant Ekstra Bogor Taman Yasmi

Giant Ekstra Plaju Palembang

Giant Ekstra Bukit Alaya Samar

Giant Ekstra Sidoarjo Waru

Giant Ekstra Pondok Gede

Giant Ekstra SPS Soetta Bangka

Giant Ekstra Balikpapan MT HAR

Giant Ekstra Ciledug

Giant Ekstra Villa Melati Mas

Giant Ekstra Bekasi

Giant Ekstra Alam Sutera

Giant Ekstra Jonggol Metland

Giant Ekstra Serang

Giant Ekstra Nangka Pekanbaru

Giant Ekstra Tole Iskandar

Giant Ekstra Cikarang Jababeka

Giant Ekstra Banjarmasin Kerta

Giant Ekstra Semarang Superdom

Giant Ekstra Dramaga Bogor

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini