Cara Kelola Gaji ke-13 PNS yang Cair Juni 2021

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Sabtu 29 Mei 2021 04:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 28 320 2416962 cara-kelola-gaji-ke-13-pns-yang-cair-juni-2021-olCfprpYle.jpg PNS (Foto: Okezone)

JAKARTA - Jelang pencairan gaji ke-13 bagi PNS, pemasukan dari bonus tersebut biasanya sangat mudah untuk dihabiskan dalam waktu cepat, terutama untuk kebutuhan konsumtif.

Untuk mengelola pemasukan dari gaji ke-13, cobalah menggunakan konsep prioritas keuangan. Konsep ini adalah sesuatu yang harus didahulukan pengeluarannya dibanding dengan pengeluaran yang lain.

Menurut Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Mike Rini, penggunaan gaji ke-13 harus disesuaikan dengan prioritas keuangan dari individu yang bersangkutan. Karena, prioritas hidup seseorang antara satu dengan lainnya itu jelas berbeda-beda.

“Walaupun usianya sama, gajinya sama, tapi bisa jadi seseorang atau PNS pada usia yang sama ada yang sudah menikah dan bisa jadi ada yang belum menikah. Jadi, walau belum menikah mereka tetap menanggung biaya hidup orang tua atau bahkan turut menyekolahkan adik-adiknya,” ujar dia.

Baca selengkapnya: Cair, Begini Tips Kelola Gaji ke-13 PNS

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini