Sandiaga Sebut Ekonomi Kreatif Jadi Kekuatan Masa Depan Indonesia

Michelle Natalia, Jurnalis · Sabtu 29 Mei 2021 10:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 29 320 2417119 sandiaga-sebut-ekonomi-kreatif-jadi-kekuatan-masa-depan-indonesia-u0nCfkrpBx.jpg Sandiaga Uno (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan ekonomi kreatif akan menjadi tulang punggung perekonomian negara di masa depan.

Hal ini dikatakan Sandi saat mengulas balik ke awal pemerintahan Presiden Joko Widodo tahun 2015, di mana Jokowi menegaskan soal ekonomi kreatif.

Baca Juga: Sandiaga Uno Kucurkan Dana Stimulus Rp100 Miliar untuk Pembiayaan Parekraf 

Hal ini mengingat potensi ekonomi kreatif sebagai salah satu alternatif sumber ekonomi baru. Untuk meningkatkan PDB dan meningkatkan pendapatan masyarakat di era industri 4.0, Sandiaga menekankan bahwa Kemenparekraf akan terus mendorong ekonomi kreatif.

:Sebagaimana sektor lainnya, sektor ekraf juga terdampak oleh pandemi Covid-19, yang tentu menyebabkan kreativitas dan produktivitas pelaku ekraf terhenti untuk sementara waktu," ujar Sandiaga dalam acara launching Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 secara virtual di Jakarta, Jumat  (28/5/2021) malam.

Baca Juga: Buka Peluang Usaha dan Lapangan Kerja, Sandiaga Uno Minta Desa Wisata Berbenah Diri 

Dia mengatakan, pelaku ekraf berhak memperoleh dukungan baik dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam pengembangan ekosistem ekraf. Melalui acara AKI, diharapkan bisa memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengangkat potensi, semangat, dan pendapatan pelaku di industri kreatif, khususnya subsektor kuliner, griya, fashion, musik, film, aplikasi, animasi, dan permainan yang jatuh karena efek pandemi.

"Sehingga nanti bisa meningkatkan daya saing, dan menciptakan produk-produk yang siap berkompetisi di pasar produk kreatif baik skala nasional maupun internasional, meneguhkan ekonomi kreatif sebagai tiang penopang ekonomi Indonesia, serta mewujudkan kebangkitan ekonomi Indonesia di masa pemulihan pandemi," jelas Sandiaga.

AKI 2021 merupakan program pengembangan ekraf melalui peningkatan kapasitas dan pameran kepada para pelaku ekraf subsektor kuliner, griya, fashion, musik, film, aplikasi, animasi, dan permainan yang ada di 20 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. 20 kota tersebut antara lain Bogor, Tasikmalaya, Bandung, Semarang, Surakarta, Wonosobo, Jepara, Banyumas, Pekalongan, Banyuwangi, Blitar, Surabaya, Malang, Denpasar, Lombok, Medan, Palembang, Lampung, Makassar, dan Balikpapan.

"Rangkaian acara AKI 2021 dimulai pada launching hari ini, dilanjutkan dengan registrasi pada website resmi www.apresiasikreasiindonesia.com, di mana para peserta yang memenuhi syarat akan dikurasi menjadi 20 peserta per masing-masing kabupaten untuk mengikuti pameran dan bootcamp," ungkap Sandiaga.

Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 berupa Inkubasi pelatihan kewirausahaan dan mentoring yang meliputi materi; bisnis model, hak kekayaan intelektual, digital promotion, perencanaan keuangan dan investasi, kreativitas, dan membuat bisnis untuk kategori yang telah ditentukan, pameran/showcase produk pelaku kreatif, Creative Talkshow yang akan dikemas dalam talkshow kreatif, dan workshop dimana peserta dapat hadir secara luring dan daring melalui platform digital, Festival Film, Music Live Performance dan dengan acara puncaknya yaitu Pekan Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 yang akan dilaksanakan pada bulan Desember 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini