Selamat Tinggal! RI Pensiunkan Pembangkit Listrik Batu Bara Mulai 2025

Oktiani Endarwati, Jurnalis · Jum'at 04 Juni 2021 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 04 320 2420218 selamat-tinggal-ri-pensiunkan-pembangkit-listrik-batu-bara-mulai-2025-iUHA9NOHPD.jpg PLTU Batu Bara Bakal Disetop 2025. (Foto: Okezone.com/PLN)

JAKARTA - Operasional Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dengan energi batu bara akan dihentikan mulai 2025. Upaya ini dilakukan dalam mendukung program penurunan emisi di bidang pembangkit listrik.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan, pemerintah tengah mengevaluasi semua PLTU yang beroperasi dan mendata PLTU yang sudah mendekati masa pensiun.

Baca Juga: Makin Terang Nih, RI Tambah Pembangkit 41 Ribu Mw dalam 10 Tahun

"Ini masih dalam diskusi dan akan berkembang. Paling tidak kami sudah mendata PLTU yang sudah mendekat masa pensiun. Artinya secara nilai aset sudah nol pada saat itu berakhir," ujarnya dalam konferensi pers, Jumat (4/6/2021).

Menurut dia, pemerintah akan memensiunkan PLTU secara alamiah sesuai dengan umur pembangkit. Jika dipaksakan sebelum waktunya, maka akan membutuhkan biaya untuk menghentikan operasi PLTU secara keseluruhan.

Baca Juga: Jawa, Madura dan Bali Dapat Tambahan Setrum 3.000 Mw

"Sampai saat ini kami masih mengambil langkah pensiun secara alami. Jadi tidak dipaksa pensiun," ungkapnya.

Rida memastikan bahwa pihaknya sudah melakukan simulasi perkiraan biaya yang dibutuhkan apabila semua PLTU berhenti operasi. Namun dia masih enggan untuk menyebut biaya perkiraan yang dibutuhkan. Saat ini pihaknya masih fokus pada pembahasan persoalan aset-aset dari semua PLTU.

"Kalau mau membiarkan PLTU pensiun secara alami, asetnya mau dikemanakan? Itu yang jadi agenda diskusi kami," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini