Hati-Hati! Startup Diprediksi Gulung Tikar jika Hanya Bergantung pada Investor

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Jum'at 11 Juni 2021 15:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 11 320 2423670 hati-hati-startup-diprediksi-gulung-tikar-jika-hanya-bergantung-pada-investor-5okNr3gsGB.jpg Startup (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Perusahaan rintisan digital atau startup diprediksi masih menghadapi potensi gulung tikar hingga akhir tahun 2021. Hal tersebut disebabkan, banyak pendiri start up yang masih hanya bergantung pada investor selama pandemi Covid-19.

Ketua Umum StartUp Teknologi Indonesia, Handito Joewono menuturkan, fenomena startup adalah perusahaan baru atau perusahaan rintisan yang ingin maju cepat dengan mengoptimalkan teknologi.

Baca Juga:  Kabar Baik, Startup Bisa Cari Pendanaan Baru di Pasar Modal

“Sebenarnya bisnis ini lumrah, banyak gitu. Tetapi memang satu tahun terakhir ini tingkat risikonya banyak sekali, ini yang memang mengkhawatirkan,” tuturnya dalam acara Market Review IDX Channel, Jumat (11/6/2021).

Handito menjelaskan, dalam beberapa bulan terakhir ini, pendirian perusahaan start up memang terbilang kurang kuat.

Baca Juga:  Startup Energi Mulai Berkembang tapi Butuh Regulasi

“Pendirian start up company agak kalah kuat dalam beberapa bulan terakhir di semester pertama tahun 2021 ini. Karena yang tadinya diperkirakan dari 2020 masuk 2021 sudah mulai cepat-cepat bisa tampil lah, tapi ternyata engga,” jelas dia.

Sementara itu, dia mengatakan, para investor sendiri sekarang ini semakin disiplin. Artinya, para investor banyak mempertimbangkan masa depan dari perusahaan start up. Oleh karena itu, menurutnya, perusahaan start up harus menyiapkan diri sebagai perusahaan dengan bisnis model yang benar.

“Investornya sendiri juga sekarang semakin pelit gitu, maksudnya semakin disiplin lah. Terkait ada prospek ke depannya atau gak, bisnis modelnya benar ga. Karenanya menjadi hal penting untuk melakukan konsolidasi,” ucap Handito.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini