Terungkap! Pengusaha Muda Sukses Sering Latihan 5 Hal Ini

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Sabtu 12 Juni 2021 19:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 11 622 2423730 terungkap-pengusaha-muda-sukses-sering-latihan-5-hal-ini-LchlaM8lWm.jpg Karyawan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Tidak mudah untuk memulai sebuah bisnis atau usaha. Walaupun sulit, saat ini sudah banyak para pengusaha yang berbisnis sejak belia. Pengusaha muda ini memiliki banyak waktu untuk berkembang dan belajar dari kesalahan.

Ketika memulai bisnis dari usia muda, para pengusaha tentunya harus mematangkan mental dan emosinya agar tahan banting akan segala kendala dan hambatan. Hal ini penting agar usahanya bisa bertahan secara jangka panjang.

Berikut beberapa tips bagi pengusaha muda untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia bisnis dengan lebih matang, dikutip dari Instagram Kementerian Ketenagakerjaan @kemnaker, Sabtu (12/6/2021).

Baca Juga: Lamaran Kerja Ditolak? Coba Introspeksi Diri

Memulai kerja dengan prioritas

Agar memiliki manajemen waktu yang baik, pengusaha muda harus membiasakan diri untuk menetapkan prioritas kerja. Prioritas kerja tersebut membantu seseorang bekerja dengan teratur, tidak mudah lupa, dan tidak melewati hal-hal penting yang harus dikerjakan segera.

Berhenti membuat alasan

Seorang pengusaha harus berani mengambil risiko. Tidak ada bisnis yang tidak memiliki hambatan, sehingga calon pengusaha tidak punya alasan untuk berhenti atau takut menggapai tujuannya. Mulai terlebih dahulu, merancang model bisnis, dan pertahankan kepercayaan diri.

Baca Juga: Tak Usah Takut Kalau Pulang Teng-Go, Ini Keuntungannya

Hindari energi negatif

Pengusaha yang baik memiliki pikiran yang selalu positif. Pemikiran positif ini akan membantu pengusaha muda menetapkan target tinggi bagi perusahaannya dan berani mengambil risiko. Untuk itu, pengusaha harus menghiraukan cibiran dan celaan dari orang-orang yang tidak percaya akan kemampuannya.

Kurangi kebutuhan untuk diakui dan didukung orang lain

Seiring perjalanannya berbisnis, pasti ada saja pihak-pihak yang tidak suka dengan seorang pengusaha muda. Bahkan ada saja yang iri dengan mencibir keputusannya membangun bisnis. Walaupun banyak yang tidak mendukung, pengusaha muda sebaiknya harus tetap berjalan tanpa pengakuan orang lain.

Rayakan kemenangan kecil

Sekecil atau seremeh apapun pencapaian, seorang pengusaha muda yang baik akan mengapresiasinya baik itu kepada diri sendiri maupun seluruh tim atau karyawan. Perayaan kecil bisa membuat atmosfir kerja menjadi sehat dan akan memupuk motivasi karyawan untuk bekerja lebih keras.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini